Sukses

Trik Lindungi Anak dari Infeksi Saluran Pernapasan di Rumah

Anak rentan kena infeksi saluran pernapasan, tak terkecuali di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Adanya bakteri dan kutu menyebabkan anak rentan terkena infeksi saluran pernapasan, tak terkecuali di rumah. Agar anak terlindungi, kebersihan rumah harus terjaga dan pastikan tetap higienis.

Selain kebersihan yang terjaga, rumah harus punya ventilasi udara yang baik. Penggunaan cat yang mengandung antibakteri juga jadi solusi yang patut dicoba.

"Di rumah juga biasanya banyak tungau kutu. Tungau kutu ini senang bersarang di bagian pojok dan sudut ruangan yang kosong. Nah, barang-barang yang suka kita letakkan di pinggir tembok bisa jadi sarang kuman dan tungau kutu," kata Dokter Spesialis Anak, Ariani Dewi Widodo dalam sebuah diskusi di KidZania, Mall Pacific Place, Jakarta pada Rabu, 26 September 2018 siang.

Sebaiknya, jaga dinding supaya tetap bersih dengan tidak menempelkan apa pun di sana, baik lukisan maupun meja. Anda juga harus rajin membersihkan dinding agar tungau kutu pergi dari rumah. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ancaman Tungau Debu di Rumah

Tidak hanya tungau kutu, ada juga tungau debu rumah yang bisa mengganggu pernapasan anak. Tungau debu juga bisa menyebabkan anak menderita alergi.

"Alergi anak bisa berkepanjangan," kata Ariani.

Tungau debu rumah juga bersembunyi di antara barang-barang yang menumpuk. Tungau ini sering membuat anak alergi dan infeksi saluran pernapasan. Batuk dan pilek bisa dialami anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.