Sukses

Fakta Unik Kacang Pistachio Kaya Nutrisi dan Menyehatkan

Liputan6.com, Jakarta Kacang pistachio yang dapat dijumpai di supermarket ternyata sehat dan kaya gizi. Pistachio mengandung vitamin, mineral dan nutrisi, termasuk beta karoten, fosfor, vitamin B6, tiamin, kalium, magnesium dan serat.

Jika dibandingkan dengan kacang lainnya, kacang pistachio juga tinggi karotenoid--sejenis antioksidan yang membantu mengurangi risiko penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan pistachio tersebut disampaikan pakar diet Kristin Kirkpatrick.

Anda juga dapat mengonsumsi pistachio dalam satu porsi, misal satu ons atau setara 49 kacang pistachio. Pistachio mentah dan panggang mengandung banyak lemak, sekitar 13 gram. Jumlah ini sesuai rekomendasi gizi internasional.

Anda tak perlu cemas, sebagian besar kandungan lemak pistachio adalah lemak tak jenuh tunggal. Lemak jenis ini akan membuat jantung sehat, yang dapat membantu turunkan kadar kolesterol jahat.

Pistachio juga merupakan sumber protein yang baik. Satu porsi pistachio mengandung sekitar 6 gram protein, dilansir dari Time, Senin (24/9/2018).

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kurangi tekanan darah

Menurut pakar diet Melissa Majumdar, pistachio dapat membantu kurangi tekanan darah. Itu didukung asam lemak tak jenuh tunggal, yang mana senyawa dalam pistachio bantu menurunkan kolesterol dan punya serat yang tinggi.

"Mereka juga mengandung lutein, dan beta-karoten, yang dapat mengurangi peradangan sistemik," kata Majumbar.

Penelitian lain menemukan, pistachio dapat bertindak sebagai prebiotik atau makanan sehat bagi bakteri usus.

3 dari 3 halaman

Cara paling sehat makan pistachio

Memakan pistachio langsung dari kulit cangkangnya dapat membantu Anda menjaga berat badan.

"Melepas kulit cangkang butuh waktu dan usaha. Ini bisa memperlambat proses kita makan langsung banyak. Berat badan jadi terkontrol," tambah Kirkpatrick.

Dibandingkan dengan camilan permen atau keripik, pistachio menyediakan keseimbangan protein, lemak sehat, dan serat. Pistachio bisa menjadi cara yang menyenangkan sebagai penambah rasa pada makanan.

"Bisa ditambahkan pada roti atau topping salad," Majumbar menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.