Sukses

Berat Badan Harus Naik Sebanyak 12 Kg Selama Hamil, Manfaatnya?

Apa gunanya berat badan naik sampai 12 kilogram selama hamil? Berikut penjelasannya.

 

Liputan6.com, Jakarta Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Ir Doddy Izwardy, mengimbau, agar calon ibu tidak merasa ketakutan saat berat badan naik sampai 12 kilogram selama hamil.

Dengan memenuhi kecukupan gizi yang seimbang selama mengandung, bayi yang dilahirkan nanti akan terhindar dari masalah stunting atau masalah pertumbuhan.

"Saat hamil sudah seharusnya makan makanan tinggi kalori dan protein," kata Doddy.

Doddy, mengingatkan, kebutuhan kalori ibu hamil selama hamil lebih besar dari orang normal, harus lebih dari 2.100 kalori.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebutuhan Nutrisi Selama Hamil

Mudah sekali untuk memenuhinya asal berpatokan pada empat pilar. Makanalah beragam menu, jangan hilangkan karbohidrat dan perbanyak protein, jangan lupakan buah dan sayuran sebagai sumber mineral dan vitamin.

"Artinya, kita harus mengatur makan dalam sehari," katanya.

Selain itu, jangan lupa lakukan juga perilaku hidup bersih dan sehat, cukup tidur, dan aktivitas fisik.

Menurut Doddy, jika seorang perempuan siap untuk hamil, mulai biasakan dengan rajin berolahraga. Setidaknya, 30 menit setiap hari.

"Tidak sulit sebenarnya. Bisa mulai dengan sering menyapu, jalan kaki, atau mengejar bus. Yang terpenting bukan gaya hidup menetap," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini