Sukses

Konsumsi Jamur Baik untuk Diabetesi, Ini Alasannya

Salah satu manfaat sehat jamur adalah menurunkan gula darah dalam tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Rasa serta aroma jamur yang khas serta teksturnya yang unik bisa menambah selera makan sebagian besar orang. Jenis tertentu dari tumbuhan ini memang beracun, tapi jenis jamur yang aman dikonsumsi tak hanya bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat saja, melainkan juga menyehatkan. Bahkan, jamur juga bisa diolah sebagai penyedap rasa pengganti MSG. Itu sebabnya jamur cukup populer. 

Selain memiliki rasa yang lezat dan menggugah selera, jamur ternyata juga kaya akan manfaat ladies. Melansir dari laman asiantown.net, salah satu manfaat sehat jamur adalah menurunkan gula darah dalam tubuh. Sehingga, para ahli mengungkapkan jika para penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi jamur.

Studi yang dilakukan para ahli menemukan bahwa jamur mengandung senyawa aktif yang bermanfaat menurunkan tekanan darah. Jamur juga memiliki indeks glikemiks sangat rendah sehingga sangat baik jika dikonsumsi penderita diabetes.

Tak hanya menurunkan gula darah dalam tubuh, jamur rupanya juga bermanfaat menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Sebagai sumber potasium yang sangat tinggi dengan kadar natrium yang hampir sama sekali, setidaknya hal ini membuat jamur sangat penting dikonsumsi rutin setiap hari oleh penderita diabetes.

T.N Lakhanpal, dari departemen Bioscience di Himachal Pradesh University dari penelitiannya menemukan bahwa jamur adalah sumber nutrisi bebas lemak. Jamur juga mengandung protein sehat, asam amino esensial, biotin, riboflavin dan sangat sedikit gula sehingga ini sangat efektif untuk menurunkan bahkan mencegah risiko diabetes.

Reporter: Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.