Sukses

Berat Badan Tak Naik Saat Hamil, Kenapa Ya?

 

Liputan6.com, Jakarta Kehamilan membuat ibu mengalami kenaikan berat badan. Berkembangnya janin dan plasenta di dalam kandungan akan memberikan tambahan bobot lebih pada tubuh ibu. Namun, ada beberapa ibu yang tidak mengalami kenaikan berat badan.

Ketika berat badan tak naik, bahkan turun, beberapa ibu hamil tentu panik. Seperti dilansir She Knows, berikut penyebab berat badan ibu tak naik selama hamil.

1. Morning sickness

Mual dan muntah yang parah dialami sepanjang kehamilan bisa menyebabkan ibu susah makan dan sedikit sekali makanan yang masuk. Hal ini tentu menyebabkan berat badan tidak naik seperti pada umumnya.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

2 dari 3 halaman

2. Terlalu menjaga diet

 

Jika ibu punya riwayat diabetes dan sadar bahwa ia harus menjaga pola makan sehingga tidak membahayakan bayi, ada kalanya ibu melakukan diet terlalu ketat sehingga tubuh dan bayi tidak mendapat cukup nutrisi. Terlalu sibuk memperhatikan kadar gula, berat badan ibu justru terabaikan. Akan lebih baik tidak diet ketat saat hamil.

3. Badan ibu yang memang kurus

Ketika ibu punya tubuh bawaan yang kurus, ada kalanya susah menaikkan berat badan meski sedang hamil, naiknya pun mungkin hanya satu-dua kilogram saja.

Ketika ibu terlalu kurus ditambah kurang suka makan, maka hal yang terjadi adalah kurangnya berat badan. Ibu hamil seperti ini biasanya mudah lelah dan harus dimotivasi untuk banyak makan makanan bergizi.

 

3 dari 3 halaman

Cara menaikkan berat badan

Seorang ibu hamil yang memiliki berat badan kurang atau normal disarankan menaikkan berat badan 12-18 kg.

Sedangkan untuk ibu hamil yang mengalami kelebihan berat badan, kenaikan berat badannya disarankan 7-11 kg saja, dan bagi yang obesitas, kenaikan berat badan sebaiknya hanya 5 kg saja.

Itu dia alasan berat badan tidak naik ketika hamil, Moms. Selama kondisi bayi dalam kandungan tidak mengalami masalah dan mengancam kesehatannya, maka tidak perlu terlalu khawatir. Pastikan saja berusaha mencukupi nutrisinya dengan berbagai cara. Kehamilan dan kenaikan berat badan datang secara bergandengan. 

 

 

Penulis: Febi Anindyakirana

Sumber: Vemale.com