Sukses

Tips Atasi Payudara Terasa Penuh Saat Menyusui

Liputan6.com, Jakarta Usai melahirkan, payudara ibu akan terasa keras dan penuh. Bahkan tak jarang kondisi tersebut juga disertai sensasi panas. Hal ini biasa terjadi pada masa 3 hingga 5 hari usai melahirkan.

Kondisi payudara terasa penuh itu merupakan hal yang normal dan umum terjadi. Alasannya, tubuh tengah mempersiapkan diri untuk menyusui.

Untuk mengatasi payudara yang terasa penuh saat menyususi, ada beberapa cara yang bisa dicoba. Demi kenyamanan ibu dan si kecil, mengikuti tips-tips ini akan sangat membantu.

1. Susui bayi sesering mungkin sesuai kebutuhan

Pemberian ASI secara rutin bisa mencegah terjadinya pembengkakan pada payudara ibu. Awalnya mungkin akan terasa menyakitkan saat menyusui, tapi setelah beberapa saat kondisinya akan membaik.

2. Berikan ASI dengan satu payudara pada satu masa menyusui

Usahakan untuk menyusui dengan satu payudara pada satu masa menyusui. Jadi tidak langsung berganti-ganti payudara dalam satu waktu. Dengan cara ini, suplai ASI bisa lebih lancar dan ibu bisa lebih mudah mengontrol jumlah ASI yang diterima si kecil.

3. Kompres payudara dengan kain hangat

Sebelum menyusui, ibu bisa mengompres payudara dengan kain yang sudah dicelupkan ke air hangat. Dengan cara ini, ibu bisa merasa lebih rileks dan ASI bisa lebih lancar.

4. Kompres payudara dengan kain dingin

Kita bisa menyiapkan es batu yang dibalut selembar handuk bersih. Lalu gunakan kain dingin ini untuk mengompres area payudara yang terasa bengkak. Lakukan di antara waktu menyusui.

5. Gunakan bra khusus menyusui

Pastikan bra yang digunakan benar-benar nyaman dan pas dengan ukuran payudara selama masa menyusui. Bra yang terlalu ketat hanya akan menambah rasa sakit dan nyeri pada payudara. Selama asupan ASI lancar dan si kecil mendapatkan semua kebutuhan nutrisinya dengan baik, moms tidak perlu panik berlebihan. Semoga info dan tipsnya bisa membantu moms sekalian ya.

Reporter: Endah Wijayanti

Sumber: Vemale.com

Artikel Selanjutnya
Usah Cemas, Ini 5 Alasan Nyeri pada Payudara
Artikel Selanjutnya
Mengapa Si Kecil Tetap Kurus Meski Minum ASI?