Sukses

8 Bahan Makanan Pengganti Telur

Harga telur tengah melonjak, siasati kebutuhan asupan protein dengan makanan berikut

Liputan6.com, Jakarta Banyak manfaat yang didapat dengan mengonsumsi telur. Seperti yang kita ketahui bahwa telur dianggap sebagai sumber protein yang tinggi dan memiliki banyak kandungan gizi lainnya yang diperlukan tubuh. Selain kandungan protein dan gizi yang tinggi, telur biasa digunakan sebagai salah satu bahan tambahan dalam pembuatan kue dan makanan lainnya.

Tidak sedikit orang yang banyak membeli dan mengonsumsi telur dikarenakan harganya yang terjangkau. Namun, saat ini terjadi lonjakan harga telur yang drastis sehingga, tak sedikit masyarakat yang mengeluh tentang lonjakan harga telur tersebut.

Oleh karena itu, dengan kenaikan harga yang tinggi diiringi dengan kebutuhan protein dan gizi di masyarakat, ada baiknya bila terdapat makanan pengganti yang memberikan kandungan protein tinggi dan kebutuhan lainnya untuk melengkapi asupan yang baik untuk tubuh.

Melansir dari laman everydayhealth dan healthline pada Kamis  (2/8/2018), berikut beberapa makanan pengganti telur yang dapat dikonsumsi atau sebagai pengganti bahan telur dalam pembuatan kue dan makanan lainnya.

1. Oatmeal dengan selai kacang

Oatmeal atau makanan yang terdiri dari gandum kemudian dimasak lalu diberi selai kacang memiliki kandungan protein yang cukup untuk menggantikan telur. Mengonsumsi gandum dengan selai kacang saat sarapan baik untuk kesehatan dan makanan tersebut dapat menggantikan protein yang didapat dari telur sebanyak 20 gram protein.

2. Buah dan kacang quinoa

Buah seperti pisang, apel, dan alpukat pun baik sebagai bahan tambahan yang dapat dikonsumsi untuk menggantikan telur. Dengan mengonsumsi makanan yang terdiri dari buah hangat dan kacang quinoa dapat memberikan tubuh asupan protein sebanyak 15 gram.

3. Roti panggang dengan kacang putih dan avokad

Membuat roti panggan dengan kacang putih dan alpukat dapat memberikan asupan protein pada tubuh sebanyak 14 gram protein. Makanan ini pun cocok untuk dikonsumsi saat sarapan.

4. Kacang dan tahu

Menumbuk kacang dengan tofu/tahu yang dicampurkan dengan bahan lainnya seperti bayam atau sayuran lainnya dapat memberikan asupan protein pada tubuh sebanyak 15 gram.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kacang Pedas

5. Burrito kacang pedas

Burrito dapat dijadikan salah satu menu makanan yang dapat menggantikan telur karena makanan tersbut mengandung 18 gram protein, terlebih lagi bila dikonsumsi dengan keju. Tentu rasanya pun menjadi nikmat.

6. Gandum yang dibiarkan semalaman

Konsumsi gandum yang dibiarkan dalam kulkas semalaman dapat menjadi salah satu bahan pengganti telur. Konsumsilah dengan campuran bahan makanan lainnya agar lebih nikmat seperti yogurt dengan tambahan kacang almond. Menu tersebut dapat memberikan 17 gram lebih protein.

7. Greek yoghurt

Seperti yang kita ketahui bahwa yoghurt memiliki kandungan protein yang cukup untuk tubuh dan hal inilah yang dapat menjadikan yoghurt sebagai pengganti telur. Mengonsumsi yoghurt dengan campuran bahan lainnya dapat menambah kenikmatan menu tersebut, terlebih lagi dengan campuran kacang dan biji-bijian seperti biji chia. Menu tersebut dapat memberikan asupan protein sebanyak 22 gram protein pada tubuh.

8. Agar-agar 

Ternyata gelatin aatau agar-agar merupakan salah satu bahan makanan yang baik sebagai pengganti telur. Makanan tersebut sangat mudah ditemukan dan dikonsumsi. Selain itu, agar-agar dapat disajikan dengan tambahan jenis makanan lainnya sesuai selera sehingga rasanya akan lebih nikmat saat dikonsumsi.

Penulis: Jihan Khalda Fairuz

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.