Sukses

8 Cara Mencegah Kehamilan Secara Alami Bagi Pasangan Suami Istri

Jika Anda dan pasangan sedang sepakat untuk menunda memiliki keturunan, cara aman berikut ini bisa dicoba.

Jakarta Setelah menikah, ada pasangan suami istri yang ingin langsung memiliki buah hati. Namun ada pula yang menunda dengan berbagai alasan. Nah, jika Anda dan pasangan sepakat untuk menunda memiliki keturunan beberapa tahun, maka Anda bisa mencegah kehamilan dengan penggunaan alat kontrasepsi atau cara lainnya seperti yang dirangkum Liputan6.com (5/7) berikut ini.

1. Berhubungan badan ketika tidak dalam masa subur

Cara untuk mencegah kehamilan ini dapat dilakukan tentu saja ketika istri mengetahui kalender menstruasinya dengan baik. Dari perhitungan tersebut maka akan diketahui kapan istri sedang tidak dalam keadaan subur. Berhubungan badan bisa dilakukan biasanya menjelang istri menstruasi seperti 1 minggu sebelumnya. Tentu saja agar lebih aman, sperma sebaiknya dikeluarkan di luar miss V.

2. Mengeluarkan sperma di luar miss V

Cara mencegah kehamilan selanjutnya adalah dengan mengeluarkan sperma di luar miss V. Dengan demikian tidak akan terjadi pembuahan sama sekali.

3. Menggunakan kondom ketika berhubungan

Kondom merupakan alat kontrasepsi yang sudah dijual bebas. Dengan menggunakan kondom, sperma yang keluar akan ditampung sehingga tidak masuk ke dalam ovarium dan menyebabkan kehamilan.

4. Menggunakan nuvaring

Nuvaring juga merupakan alat kontrasepsi yang berbentuk cincin yang dimasukkan ke dalam miss V. Cincin ini akan menghambat sperma untuk mencapai indung telur sehingga tidak terjadi proses pembuahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Pil KB

Pil KB merupakan obat dalam bentuk pil yang diminum. Ketika dikonsumsi dengan tepat, pil KB dapat mencegah kehamilan hingga 99 persen. Namun tentu saja harus digunakan sesuai dengan resep dokter.

6. Suntik KB

Alat kontrasepsi lainnya adalah suntik KB. Gunanya sama yaitu untuk mencegah kehamilan. Setelah melakukan suntik KB, kadar hormon akan meningkat kemudian menurun sampai dengan suntik selanjutnya. Suntik KB memang perlu dilakukan dengan rutin sesuai dengan resep dokter.

7. Sterilisasi

Sterilisasi juga merupakan alat kontrasepsi. Namun hal ini diperuntukkan bagi Anda, pasutri yang sudah tidak ingin menambah momongan atau tidak ingin mempunyai momongan. Hal ini dikarenakan sterilisasi merupakan cara mencegah kehamilan yang bersifat permanen.

8. Intrauterine device (IUD)

Alat kontrasepsi lainnya adalah IUD. Alat ini berukuran kecil yang dipasang pada miss V. IUD merupakan alat kontrasepsi jangka panjang dengan metode pengendalian kelahiran paling efektif.

Ada banyak cara mencegah kehamilan yang bisa Anda dan pasangan lakukan. Pilihlah cara yang paling nyaman dan sesuai untuk Anda dan pasangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini