Sukses

5 Cara Atasi Keinginan Merokok dalam Sekejap

Ketika muncul keinginan merokok coba praktikkan beberapa cara untuk mengatasinya .

Liputan6.com, Jakarta Saat seseorang berhenti merokok, di awal-awal pasti terasa berat. Keinginan untuk kembali merokok pasti hadir.

Hal yang perlu Anda perlu tahu bahwa sebagian besar keinginan merokok hanya berlangsung 3-5 menit. Biasanya, keinginan merokok biasanya hadir pada saat-saat tertentu. Misalnya Anda terbiasa merokok saat stres, mengendarai mobil, makan atau bersosialiasi. Ketika Anda tidak merokok, mungkin terasa ada yang kurang.

Ketika muncul keinginan merokok coba praktikkan beberapa cara untuk mengatasinya melansir verywellmind, Rabu (31/5/2018).

1. Tarik napas panjang

Bernapas adalah salah satu cara tubuh yang kita terima begitu saja tanpa dipikirkan. Namun, ketika Anda mengambil beberapa waktu untuk mengontrol pernapasan --dengan menarik napas panjang lalu melepaskan cara perlahan-lahan-- itu bisa jadi cara ampuh untuk mengatasi keinginan merokok.

Cara ini dikenal dengan pranayama. Melakukan aktivitas ini lima menit, tak hanya bisa membuat Anda lebih tenang tapi juga lebih segar.

2. Minum segelas air

Manusia terkadang tak sadar bahwa dirinya sedang dehidrasi. Kondisi tubuh kurang cairan ini memicu perasaan cemas yang mungkin membuat ingin merokok. Nah, ketika muncul keinginan merokok, alihkan dengan menenggak segelas air.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Telepon teman

 

Ketika bayangan nikmatnya merokok datang, alihkan dengan menelepon teman Anda. Misalnya teman lama yang sudah tak bertemu. Cara ini tak hanya membuat pikiran untuk merokok menjauh tapi juga meningkatkan semangat.

4. Ingat-ingat lagi alasan berhenti merokok

Saat keinginan merokok datang, coba ingat alasan berhenti merokok. Jangan hanya dipikirkan tapi ditulis di atas kertas.

5. Makan camilan sehat

Ketika gula darah turun, keinginan merokok biasanya hadir. Itu sebabnya selalu sediakan makanan kecil di sekitar Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.