Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Sering Masturbasi Bikin Jerawat Muncul, Mitos atau Fakta?

Muncul kabar yang mengatakan kebiasaan masturbasi dapat menyebabkan jerawat. Simak penuturan pakar.

Liputan6.com, Jakarta Masturbasi mungkin bisa membuat seseorang bahagia, terutama jika mencapai kepuasan seksual alias orgasme. Namun, kabar buruk ini mungkin akan merusak kesenangan Anda tindakan masturbasi dapat menyebabkan jerawat.

Menurut dokter kulit bersertifikat dari Amerika Serikat, Tsippora Shainhouse, MD., kehadiran jerawat karena kombinasi empat hal yakni produksi minyak berlebih, penyumbatan pori-pori oleh sel kulit mati, bakteri, dan peradangan.

Shainhouse pun mengungkapkan produksi minyak berlebih meningkatkan risiko peradangan memang disebabkan oleh hormon progesteron dan testosteron. Namun, bukan berarti masturbasi menjadi penyebab utama munculnya jerawat.

Ketidakseimbangan hormon umumnya terjadi pada masa remaja dan pubertas. Hal ini memang menjadi salah satu penyebab mereka mengalami jerawat. Shainhouse mengatakan pubertas adalah masa eksplorasi diri, sehingga mereka menjadi takut untuk melakukan masturbasi yang 'dianggap' dapat menyebabkan jerawat.

Oleh sebab itu, sebaiknya mulai berhenti untuk percaya masturbasi dapat menyebabkan munculnya jerawat di wajah. Masturbasi hanya mempengaruhi beberapa hal yang disebutkan Shainhouse di atas, tetapi tidak semuanya.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efek masturbasi bagi kulit

Meski masturbasi dikatakan tidak menimbulkan jerawat, tapi bukan berarti salah satu aktivitas seks ini tidak berpengaruh pada kulit.

Shainhouse mengatakan beberapa penelitian telah menunjukkan tingkat adrenalin meningkat dalam darah saat orgasme. Hal ini menjelaskan masturbasi dapat mengeluarkan keringat dan membuat kulit tampak sehat bercahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.