Sukses

9 Persiapan Sukseskan Ujian Nasional Berbasis Komputer 2018

 

Liputan6.com, Jakarta Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK 2018 akan digelar di seluruh sekolah tingkat menengah wilayah DKI Jakarta. Menurut Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Bowo Irianto, tahun ini menargetkan 2.161 sekolah tingkat SMP, SMA, dan SMK mengikuti UNBK 2018.

Sekolah negeri mencakup, 320 SMP, 117 SMA, dan 68 SMK. Sementara itu, sekolah swasta mencakup 768 SMP, 363 SMA, dan 530 SMK. Untuk menyukseskan UNBK 2018, siswa perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian tersebut.

Betty McLaughlin, President of the Institute of Guidance Counsellors, mengungkapkan beberapa tips persiapan ujian, dilansir dari Independent, Jumat (16/3/2018).

1. Buat rencana studi mulai sekarang, untuk dua minggu ke depan.

2. Persiapkan waktu untuk mengulang kembali setiap pelajaran sekolah yang akan diujikan.

3. Mengulang kembali pelajaran dilakukan setiap hari.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

1 dari 3 halaman

Jawab Pertanyaan

4. Saat mengulang pelajaran, kamu dapat menjawab pertanyaan dan ringkasan dari topik pelajaran terkait. Kamu bisa membuat latihan yang sempurna.

5. Pelajaran yang diulang tiap hari juga harus berganti-ganti.

6. Latihlah menjawab pertanyaan dari soal-soal ujian sebelumnya (yang pernah diujikan). Perhatikan dengan baik soal-soal.

Kesalahan yang sering terjadi pada siswa, yakni tidak teliti membaca semua bagian pertanyaan sebelum menjawabnya.

2 dari 3 halaman

Istirahat Sejenak

7. Istirahat sejenak (maksimal lima menit).

8. Setiap hari berolahraga minimal 30 menit, jalan cepat, berenang atau bersepeda sebentar. Kamu akan merasa segar kembali. Ini akan membantu meringankan beban di otak.

9. Siswa butuh energi untuk mengerjakan ujian yang terbaik. Konsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah sangat penting untuk tingkatkan konsentrasi.

Artikel Selanjutnya
UN Berbasis Komputer Siap Digelar, Ini Jadwalnya
Artikel Selanjutnya
Target Pelaksanaan UNBK di DKI Jakarta Mencapai 100 Persen