Sukses

Ahli Nutrisi Ungkap Komposisi 4 Sehat 5 Sempurna yang Baik

Liputan6.com, Malang Susu merupakan elemen penting penyeimbang program 4 Sehat 5 Sempurna. Ironisnya, banyak orang yang rutin makan tiap hari namun tidak disempurnakan dengan susu. Padahal, program 4 Sehat 5 Sempurna diterapkan di Amerika Serikat, namanya My Plate. 

"Konsep 4 Sehat 5 Sempurna tidak hanya berlaku di Indonesia, di Amerika pun juga diterapkan. Bedanya, masyarakat Indonesia masih belum banyak teredukasi soal pentingnya minum susu, terutama susu sapi segar," kata Ahli Nutrisi dari University of Alabama, Matthew Blaylock BS, PhD, MP NLP, ACMC, kepada Health-Liputan6.com saat ditemui di peternakan sapi pertama milik Greenfields yang berlokasi di Desa Babadan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (7/3/2018).

Demi mendapat nutrisi terbaik setiap harinya, ada cara jitu untuk memaksimalkan keunggulan program 4 sehat 5 sempurna.

"Caranya sangat simpel. Tinggal lihat piring kita. Apakah ada keseimbangan karbohidrat, protein, sayuran, dan buah-buahan? Jangan sampai nasinya banyak, minim lauk yang berprotein bagus, bahkan tidak ada sayuran sama sekali," terang doktor yang punya sertifikasi Associate Certified Meta-Coach (ACMC) oleh International Society of Neuro-Semantics (ISNS).  

Matthew merinci porsi terbaik untuk makanan berat yang terdiri dari: 1/4 nasi, 1/4 protein, 1/4/ sayuran, dan 1/4 buah-buahan.

"Porsi tersebut adalah yang paling bagus untuk menjaga tubuh tetap sehat. Khusus untuk susu, setiap orang memang dianjurkan minum sekitar 500 ml atau setengah liter susu setiap harinya," papar pria yang telah 14 tahun tinggal di Indonesia.

 

Simak juga video menarik berikut :

 

1 dari 2 halaman

Komposisi terbaik untuk 4 sehat 5 sempurna

Untuk golongan makanan pokok, Matthew menyarankan untuk makan 300 hingga 500 gram beras atau 3 hingga 5 piring nasi dalam sehari.

"Untuk golongan lauk, 100 gram dari sumber hewani atau 100 hingga 150 gram tempe, atau sekitar 4 hingga 6 potong. Untuk golongan sayuran, porsi yang ideal adalah 150 hingga 200 gram atau 1,5 hingga 2 mangkok. Sementara untuk golongan buah bisa makan 200 hingga 300 gram atau 2 hingga 3 potong per hari. Untuk susu, bisa 1 hingga 2 gelas," jelas dosen di Universitas Ciputra Surabaya itu.

Konsep makan 4 Sehat 5 Sempurna telah dikampanyekan di Indonesia sejak 1955. Program ini bisa dikatakan berhasil membuat masyarakat tahu apa saja makanan yang perlu dikonsumsi agar bisa hidup dengan sehat.

Artikel Selanjutnya
Bolehkah Minum Susu Saat Perut Kosong?
Artikel Selanjutnya
Foto Percobaan Air Susu Ibu Vs Susu Formula Tuai Kontroversi