Sukses

5 Tips Mudah Bangun Pagi Lebih Awal

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang butuh tidur 8 jam di malam hari, agar fungsi tubuh di pagi hari lebih baik. Beberapa orang bahkan bangun pagi lebih awal untuk melakukan aktivitas lainnya.

Dilansir dari Tech Times, Selasa (6/3/2018), ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk bisa bangun pagi lebih awal.

1. Jangan Gunakan Ponsel Satu Jam Sebelum Tidur

Sebuah studi mengatakan, 80 persen orang menggunakan ponsel pintar mereka, paling tidak satu jam sebelum tidur. Chris Branter dari SleepZoo mengatakan, paling tidak berhentilah menggunakan ponsel satu jam sebelum tidur.

Menurut Branter, dengan mematikan ponsel lebih awal, membuat tubuh mulai memproduksi melatonin dengan cepat. Ini bisa membuat tidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

"Ini jelas, orang akan mendapatkan waktu tidur lebih banyak karena mereka cenderung tidur tepat waktu. Mereka juga bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik," kata pengajar tentang ilmu tidur bersertifikat itu.

Ini tentu membuat orang bisa lebih cepat dan lebih segar ketika bangun pagi.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

1 dari 3 halaman

Berhenti Menunda Bangun dan Minum Air

2. Berhenti Menekan Tombol "Snooze"

Studi mengatakan bahwa 1 dari 3 orang dewasa paling tidak memencet "snooze" tiga kali di pagi hari. Ini biasanya dilakukan untuk menambah beberapa menit waktu tidur. Ini tidak terlalu penting. Tidak ada gunanya menambah waktu tidur selama beberapa menit di pagi hari. Selain itu, mengurusi alarm hanya akan membuat rasa lelah bertambah.

3. Minum Dua Gelas Air

Pakar kesehatan menganjurkan untuk minum 1 sampai 2 gelas air, sebagai hal yang pertama dilakukan di pagi hari. Ini dapat membantu melembapkan tubuh dan membantu pencernaan.

"Tubuh kita cukup kering saat bangun di pagi hari," kata Angela Lemond, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Amerika Serikat.

Dengan minum beberapa gelas air, memungkinkan tubuh untuk mencerna dengan lebih baik saat makan.

 

2 dari 3 halaman

Sarapan dan Olahraga

4. Sarapan Sehat

Menurut National Health Service, makanan sehat di pagi hari membantu meningkatkan tingkat energi, kinerja memori, dan mengembalikan kadar glukosa.

Makan pagi juga memiliki manfaat untuk kesehatan dalam jangka panjang. Obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes, bisa dicegah dengan sarapan sehat di pagi hari.

5. Olahraga di Pagi Hari

Beberapa pakar kebugaran menyarankan agar bangun pagi sebagai waktu yang tepat untuk berolahraga. Waktu terbaik untuk lari di pagi hari biasanya sekitar pukul 06.00. Ini membantu jantung untuk berdebar dan merasa siap menjalani hari.

Artikel Selanjutnya
Meski Berat, Bangun Pagi Berikan 7 Manfaat Ini
Artikel Selanjutnya
Biasa Bangun Pukul Berapa? Ini Maknanya Bagi Kehidupan Anda