Sukses

5 Obat Alami untuk Rambut Rontok yang Bisa Kamu Buat di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Rambut rontok itu sungguh mengganggu. Masalah ini tak hanya dialami wanita saja, pria pun bisa mengalami rambut rontok. Penyebabnya juga macam-macam, salah satunya stres. Tapi, bagaimana mengatasinya ya?

Pakai obat-obatan berbahan kimia bisa berbahaya. Tapi, Anda bisa beralih ke obat-obatan alami ini untuk mengatasi rambut rontok seperti dilansir Ibtimes, Minggu (11/2/2018):

1. Neem

Neem atau nimba memiliki sifat anti bakteri yang menakjubkan. Daun yang banyak di India itu bisa membantu mengurangi rambut rontok, dengam meningkatkan aliran darah ke kulit. Selain itu juga membantu membunuh bakteri dan kutu yang ada di rambut.

Caranya, rebus beberapa daun nimba dalam air sampai melihat perubahan warna air, biarkan dingin dan gunakan konsentrasi untuk mencuci rambut Anda.

Lakukan seminggu sekali untuk mengurangi rambut rontok dan juga membantu menghilangkan ketombe. Neem juga bisa membuka pori-pori yang terblokir di kulit kepala sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

1 dari 3 halaman

Lidah buaya dan teh hijau

2. Lidah buaya

Tanaman ini membantu mengatasi rambut rontok dengan menyeimbangkan tingkat pH rambut dan kulit kepala Anda. Gel yang disekresikan lidah buaya merembes ke kulit kepala dan juga memicu pertumbuhan rambut.

Anda bisa dengan meremas pulpa dari daun lidah buaya atau tangkai dan pijat perlahan kulit kepala Anda selama 15 sampai 20 menit. Kemudian bilas rambut dengan air.

Lakukan ini dua kali seminggu dan Anda akan melihat hasil yang menakjubkan.

3. Teh hijau

Minum teh hijau sangat menakjubkan untuk kesehatan. Tak hanya itu, jika Anda merebus tiga kantong teh hijau dan menggunakannya untuk membilas rambut, ini bisa membantu mengendalikan rambut rontok. Lakukanlah dua kali seminggu.

Teh hijau juga akan melindungi kulit kepala dan rambut Anda dari kerusakan akibat sinar matahari, mencegah rambut pecah-pecah, dan membuat rambut Anda lebih bersinar.

2 dari 3 halaman

Ketumbar dan kentang

4. Jus ketumbar

Jus ketumbar membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengendalikan rambut rontok. Buatlan pasta kental dengan menggiling daun ketumbar segar, saring dan simpan jusnya.

Oleskan jus pada rambut dan kulit kepala, biarkan selama satu jam dan kemudian gunakan sampo ringan untuk mencucinya.

Melakukannya dua kali seminggu membantu menjaga kerontokan rambut tetap terkendali, dan juga membuat rambut Anda halus.

5. Kentang

Kentang ternyata bisa menjadi penyelamat saat menghadapi rambut rontok. Makanan ini membantu dalam mengatasi kekurangan kalium yang menyebabkan rambut rontok.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengupas kulit kentang, haluskan, dan peras untuk mengumpulkan jusnya. Tambahkan satu sendok makan madu ke dalam jus kentang dan oleskan sebagai masker rambut dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan sampo ringan.

Melakukannya seminggu sekali dapat membantu mengendalikan rambut rontok.

Artikel Selanjutnya
Benarkah Minyak Zaitun Baik untuk Rambut Kering?
Artikel Selanjutnya
Hindari 11 Kesalahan Saat Keramas yang Jarang Diketahui