Sukses

Setop Pakai Bra, 5 Efek Buruk Ini Akan Terjadi pada Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Tidur tanpa bra memang membantu Anda bernapas dengan bebas. Tapi bukan berarti, Anda akan lebih baik jika tidak memakai bra setiap saat. Ada efek samping mengerikan bila Anda berhenti memakai bra.

Hal tersebut disampaikan dokter kandungan, Akriti Chaddha, sesuai dikutip dari The Health Site, Sabtu (10/2/2018).

Stretch marks

Munculnya gurat-gurat putih pada kulit atau yang dikenal dengan stretch marks bisa terjadi saat Anda tidak memakai bra dalam waktu yang lama.

Bra memberikan dorongan payudara yang sangat dibutuhkan, yang dapat mencegah kerusakan jaringan.

Nyeri punggung

Saat berjalan, payudara akan naik dan turun rata-rata 4 cm. Hal ini membuat wanita tidak nyaman. Yang lebih menyakitkan lagi, Anda bisa mengalami masalah leher dan punggung. Nyeri punggung dapat Anda alami.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

1 dari 3 halaman

Payudara Kendur

Ligamen (pita-pita keras yang menghubungkan tulang-dengan tulang) dan kulit payudara secara berulang-ulang meregang.

Kondisi ini terjadi saat joging atau melakukan pekerjaan rumah tangga, seperti mencuci atau membersihkan ruangan. Hal ini bisa mengakibatkan payudara kendur.

Postur tubuh yang buruk

Jika Anda tidak memakai bra, terutama saat berolahraga, maka berat payudara bisa tertarik ke depan. Kondisi tersebut menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa nyeri.

Efeknya, postur tubuh akan jadi membungkuk ke depan, untuk mencegah rasa nyeri tadi. Nyeri ini juga bisa menyebabkan sakit kepala.

2 dari 3 halaman

Tidak ada penyokong untuk ligamen cooper

Ligamen cooper (sambungan berserat antara sisi dalam kulit payudara dan otot-otot dada) atau ligamen payudara dapat dipengaruhi segala sesuatu yang tersentak dengan cepat.

Ligamen ini menghubungkan kulit di atas payudara ke tulang selangka dan jaringan ikat yang mendasarinya di atas dada, atau otot dada sehingga memberikan bentuk khas dari payudara.

Adanya bra dapat memberi dukungan pada ligamen dan kulit pada payudara. Jika tidak memakai bra, maka tidak ada yang menyokong ligamen cooper.

Artikel Selanjutnya
Wanita dengan Ukuran Cup Bra Ini Paling Bahagia
Artikel Selanjutnya
5 Kesalahan yang Tanpa Disadari Bahayakan Vagina