Sukses

Cek 10 Cara Alami Bersihkan Kotoran Telinga

Liputan6.com, Jakarta Kotoran telinga, atau dalam bahasa para ilmuwan disebut juga cerumen, adalah sebuah susbstansi kekuningan yang seringkali kita temukan di telinga. Kotoran tersebut dikeluarkan oleh kelenjar kecil yang terdapat pada rongga telinga.

Kotoran telinga sebenarnya memiliki kegunaan, yaitu melindungi telinga dengan cara menyelubungi rongga telinga. Komponen dari kotoran telinga melindungi rongga telinga dari kotoran, debu, bakteri, dan bahkan iritasi akibat air.

Jika Anda merasa tidak nyaman pada telinga Anda, ada kemungkinan kotoran telinga sudah menumpuk dan butuh untuk dibersihkan.

Berikut beberapa cara mudah dan aman untuk membersihkannya, seperti dikutip dari laman Boldsky, Selasa (19/12/2017).

1. Hidrogen peroksida

Menggunakan zat yang satu ini merupakan cara paling alami untuk membersihkan kotoran telinga. Komponen ekstra oksigennya membantu mengurai kotoran secara cepat dan menjauhkan dari infeksi.

Gunakan kapas dan oleskan ke dalam telinga Anda. Lalu bersihkan kembali dengan kapas bersih.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan alat yang juga berguna untuk membersihkan kotoran telinga. Ini karena kandungan rantai medium asam lemak.

Minyak kepala juga bisa membantu melawan infeksi dan berbagai bakteri. Panaskan sedikit minyak kelapa dan gunakan pipet tetes untuk memasukkan beberapa tetes minyak ke dalam telinga. Biarkan selama 5 menit, lalu bersihkan menggunakan kapas pembersih telinga. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

2 dari 5 halaman

Minyak almond dan alkohol

3. Alkohol

Campuran cuka dan alkohol bisa membantu mengurai kotoran telinga seluruhnya. Alkohol bisa mengeluarkan kotoran telinga sementara cuka bisa menjaga telinga dari infeksi. Campurkan kedua cairan tersebut dan gunakan kapas pembersih telinga untuk membersihkan telinga Anda.

4. Minyak almond

Menggunakan minyak almond juga merupakan cara yang aman dan alami untuk membersihkan kotoran telinga. Minyak ini bisa melunakkan kotoran telinga yang telah mengeras.

Gunakan pipet tetes untuk memasukkan minyak ini ke dalam telinga Anda. Diamkan selama beberapa menit sebelum Anda mengeluarkan kotoran telinga.

3 dari 5 halaman

Baby oil dan baking soda

5. Baby Oil

Memang terdengar lucu. Namun baby oil memliki manfaat yang baik dalam menyingkirkan kotoran telinga. Teteskan beberapa tetes ke dalam telinga Anda, lalu tutuplah telinga selama beberapa menit.

6. Baking Soda

Baking soda merupakan bahan siap pakai untuk terapi alami menyingkirkan kotoran telinga. Berperan sebagai antiseptik yang bisa melunakkan kotoran telinga dan juga mencegah pembentukan kembali.

Campurkan setengah sendok teh baking soda ke dalam air dan bubuhkan beberapa tetes ke dalam telinga Anda. Biarkan beberapa saat sebelum membersihkan telinga Anda dengan kapas lembut.

4 dari 5 halaman

Minyak zaitun dan air garam

7. Air garam

Air garam membantu melarutkan kotoran telinga sama kuatnya dengan obat tetes yang diresepkan oleh para dokter.

Campurkan 1 sendok makan garam ke dalam air. Rendam kapas pada air tersebut lalu teteskan beberapa tetes ke dalam telinga dan jaga agar tidak mengalir keluar selama beberapa saat. Ulangi sebanyak yang diperlukan.

8. Minyak zaitun

Minyak zaitun sangat berguna untuk melunakkan kotoran telinga yang sudah mengeras.

Tekstur minyaknya membuat kotoran telinga menjadi lebih mudah untuk mencair dan mudah untuk dibersihkan. Dan juga minyak ini mengandung zat antibakteri yang menjaga telinga tetap sehat.

5 dari 5 halaman

Minyak bawang putih dan gliserin

9. Minyak bawang putih

Mungkin hal ini terdengar agak aneh. Namun minyak bawang putih merupakan salah satu cara yang tepat untuk membersihkan kotoran telinga. Kandungan antibiotiknya membantu orang yang sudah mencapai tahap sakit akibat kotoran telinga yang menumpuk.

Ambil 3 hingga 4 siung bawang putih dan panaskan di atas penggorengan dengan minyak hingga sedikit menghitam. Saat bawang putih tersebut telah menyerap minyak yang ada, sisihkan lalu remaslah secara perlahan agar minyak yang ada didalam bawang putih menetes keluar dan langsung teteskan ke dalam telinga Anda.

Gunakan minyak ini sebelum tidur.

10. Gliserin

Metode ini tidak akan mengecewakan Anda. Gliserin merupakan pelembap dan pelumas yang efektif. Bubuhkan beberapa tetes pada telinga Anda. Diamkan semalaman untuk hasil terbaik.