Sukses

Meski Cerewet, Ini Untungnya Punya Saudara Perempuan

Studi membuktikan kehadiran saudara perempuan cenderung membuat seseorang memiliki hidup yang optimistis dan bahagia.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang memiliki saudara perempuan, selamat! Studi membuktikan anak yang memiliki saudara perempuan cenderung memiliki hidup yang optimistis dan bahagia.

Fakta menarik ini terungkap dengan menanyakan peran saudara perempuan dalam kehidupan. Peneliti menanyakan pada 571 responden berusia 17-25 tahun.

Para partisipan mengungkapkan kehadiran kakak atau adik perempuan membuat mereka jadi sosok yang terbuka dan komunikatif tentang perasaannya. Peneliti meyakini hal tersebut bermanfaat bagi kesehatan mental seperti mengutip laman Independent, Senin (18/12/2017).

"Kehadiran saudara perempuan tampaknya mendorong komunikasi lebih terbuka dalam keluarga. Ekspresi emosional sangat penting bagi kesehatan psikologis yang baik. Berbeda halnya dengan anak laki-laki yang secara alami cenderung tidak membicarakan banyak hal," kata salah satu peneliti Tony Cassidy.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi sosok yang lebih baik

Studi lain dari Brigham Young University, Amerika Serikat, mengungkapkan keluarga yang memiliki anak perempuan cenderung membuat anak laki-laki jadi sosok yang baik hati. Namun, kehadiran anak laki-laki juga berpengaruh positif dalam kehidupan anak perempuan.

"Rasa sayang saudara yang berbeda jenis kelamin membuat mereka jadi kurang nakal dan memiliki perilaku sosial lebih positif seperti murah hati, baik, dan suka membantu orang lain," kata peneliti Laura Padilla-Walker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.