Sukses

Ini yang Menjadi Penyebab Banyaknya Penyakit

Mengapa tidak dimulai dengan menjauhkan kebiasaan makan enak, diubah dengan menjalankan pola hidup sehat, begitu kata Menkes

 

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Nila F Moeloek, kembali mengimbau masyarakat Indonesia supaya beralih menjadi pelaku pola hidup sehat.

Pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat kaya serat dan vitamin, seperti sayur dan buah, dapat mencegah masyarakat dari penyakit tidak menular yang jumlah penderitanya semakin banyak saja.

Sayang, masyarakat kurang memanfaatkan sumber daya alam yang dihasilkan tanah sendiri, sehingga penyakit hipertensi, stroke, dan gula masih tetap tinggi.

"Kita ini negara tropis, banyak sayuran dan buah tumbuh. Rasanya enak dan menyegarkan. Semua ada dan tumbuh di Indonesia. Harusnya, kita bersyukur dengan banyak makan buah dan sayur," kata Menkes, dikutip dari situs Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan pada Senin, 18 Desember 2017.

Mengapa tidak dimulai dengan menjauhkan kebiasaan makan enak, diubah dengan menjalankan pola hidup sehat, begitu kata Menkes.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jauhkan Makan Enak

Masyarakat harus segera mengubah cara pandangnya. Bukan bermaksud melarang, tapi Menkes berharap supaya masing-masing individu tidak terlalu sering "makan enak" dan beralih ke pola hidup yang lebih sehat.

Makan enak yang dimaksud Menkes Nila adalah gemar makan satai, durian, dan makanan-makanan cepat saji yang justru memudahkan masyarakat Indonesia jatuh sakit karena salah makan.

"Seharusnya kita menjadi masyarakat yang siap makan makanan sehat, bukan makanan enak. Sehingga kita akan menjadi manusia yang sehat," kata dia menekankan.

Imbauan ini Menkes sampaikan pada acara Forum Tematik Bakohumas Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada Kamis, 14 Desember 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini