Sukses

Alami Kondisi Langka, Bayi Ini Lahir dengan Jantung di Luar Tubuh

Liputan6.com, Leicester, Inggris Lahir dengan jantung yang berada di luar tubuh, bayi asal ini Inggris harus dioperasi. Operasi langsung dilakukan satu jam setelah bayi tersebut lahir. Operasi bayi demi memperbaiki kondisi langka, yang menyebabkan jantungnya tumbuh di luar tubuhnya.

Kondisi ini dikenal dengan nama  ectopia cordis. Ectopia cordis diperkirakan memengaruhi lima sampai delapan anak dari tiap satu juta anak yang lahir di dunia. Persentase bertahan hidup kurang dari 10 persen.

Vanellope Hope Wilkins didiagnosis menderita ectopia cordis saat masih di dalam kandungan. Pada waktu itu, usia kandungan sang ibu baru memasuki 9 minggu. Dari hasil USG, jantung dan bagian perut bayi berkembang di luar tubuhnya.

Ahli bedah di Glenfield Hospital, Leicester, Inggris, pada awalnya yakin, Vanellope tidak mungkin diselamatkan. Ini karena kemungkinan, bayi perempuan tersebut bertahan hidup sangat rendah, kurang dari 10 persen.

"Saya pernah melihat satu bayi dengan jantung tumbuh di  luar tubuh sekitar 20 tahun yang lalu. Tapi kehamilan itu berakhir (keguguran)," kata Frances Bu'Lock, konsultan kardiolog anak di Glenfield Hospital, dikutip dari Independent, Rabu (13/12/2017).

 

 

Simak video menarik berikut ini:

1 dari 3 halaman

Tiga kali operasi

Walau kondisi bayinya yang punya jantung di luar tubuh, ibu dari Vanelope, Naomi Findlay, tidak menyerah.

"Saya melakukan pencarian Google, seperti yang dilakukan semua orang. Lebih banyak mencari makalah soal kondisi bayi saya. Tapi pencarian informasi tidak banyak memberi tahu saya. Ya, karena tidak banyak yang bisa dilakukan terkait kondisi ectopia cordis, kasusnya sangat berbeda," jelas Naomi.

Akhirnya, Venellope menjalani tiga kali operasi untuk memindahkan jantung ke dadanya. Ahli bedah membuat tulang rusuk dan tulang dada buatan.

Jantung bayi Venellope terlihat di luar tubuh saat kandungan sang ibu memasuki usia 9 minggu. (University Hospitals of Leicester NHS Trust/PA Wire)

Kasus Venellope ini termasuk operasi yang berhasil dilakukan di Inggris untuk pertama kalinya. Vanellope lahir dengan operasi caesar pada 22 November 2017.

Satu jam kemudian, ia menjalani operasi. Meski lahir dengan kondisi langka, bayi tersebut tetap menangis sesaat setelah lahir. Hal ini membuat sang ayah, Dean terharu.

2 dari 3 halaman

Kondisi tampak normal

Setelah menjalani tiga kali operasi, kesehatan Vanellope tampak normal. Tapi doker belum bisa  mengatakan kondisinya dengan pasti.

Bayi Inggris ini terlahir dengan jantung di luar tubuh dan langsung dioperasi. (University Hospitals of Leicester NHS Trust/PA Wire)

June Davison, perawat jantung di British Heart Foundation, mengatakan, kesehatan Venellope di masa depan akan bergantung pada perawatannya yang sedang berlangsung sekarang.

"Kami sangat senang bayi ini selamat menjalani operasi. Semoga dia baik-baik saja," lanjut June.

Artikel Selanjutnya
3 Kasus Bayi Kembar Siam di Probolinggo
Artikel Selanjutnya
RS Hasan Sadikin Terima Bayi Kembar Siam dengan 1 Anus dan Alat Kelamin