Sukses

Bahaya Diet Menggunakan Obat

Liputan6.com, Jakarta Kerusakan metabolik terjadi akibat banyak faktor, di antaranya akibat gaya hidup yang tidak sehat. Padahal, metabolisme merupakan hal penting agar tubuh tetap sehat.

Jika sistem metabolik terganggu, tubuh akan sulit untuk menghasilkan energi. Efeknya, Anda akan merasa lesu dan mudah lelah, seperti dilansir dari laman Boldsky, Kamis (5/10/2017).

Untuk itu, penting untuk mengatasi gangguan metabolisme sebelum kerusakan sistem metabolik menjadi lebih parah.

1. Berhenti diet

Diet instan seperti dengan obat memang memberikan efek yang cepat. Tapi hal ini menimbulkan kerusakan pada metabolisme tubuh. Sebaiknya hentikan diet yang tak sehat untuk mengatasi kerusakan metabolik.

2. Hindari menggunakan gula halus dan pemanis buatan

Mengonsumsi gula buatan dapat menciptakan ketidakseimbangan hormon. Untuk membuatnya kembali seimbang, hindari penggunaan gula halus dan pemanis buatan. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan madu yang lebih menyehatkan.

3. Olahraga

Berlari selama 30 menit dengan treadmill merupakan salah satu cara ideal untuk melancarkan sistem metabolisme dalam tubuh.

 

Saksikan video menarik berikut:

 

2 dari 2 halaman

4. Hindari makanan olahan

Makanan terbaik adalah makanan organik dan tanpa melewati banyak proses seperti yang dialami makanan olahan. Makanan olahan mengandung banyak zat tambahan dan pengawet yang bisa memperlambat metabolisme dalam tubuh.

5. Konsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat seperti makanan dengan lemak sehat bisa memperbaiki metabolisme. Hindari makanan dengan kandungan lemak jahat dan beralihlah mengonsumsi ikan seperti tuna dan salmon.