Sukses

5 Masalah Kesehatan yang Timbul Akibat Banyak Makan Cabai

Liputan6.com, Jakarta Makanan pedas memang sangat menggoda dan membuat rasa makanan itu menjadi enak bagi sebagian orang. Meskipun cabai dapat meningkatkan metabolisme tubuh, asupan cabai yang berlebihan bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Mengonsumsi makanan pedas boleh saja. Tapi sebaiknya tidak mengonsumsi makanan pedas dalam porsi banyak. Dr Ninad Kakde memberitahukan beberapa efek samping akibat konsumsi cabai berlebihan, seperti dilansir dari laman The Health Site, Kamis (24/8/17).

1. Mulas
Makanan pedas bisa membuat perut mulas dan sakit perut jadi lebih parah. Jika asam lambung Anda sedang naik, sebaiknya kurangi konsumsi cabai. Tambahkan yogurt dan krim asam ke piring Anda untuk menghilangkan sensasi panas dari cabai.

2. Gangguan pencernaan
Bila makanan pedas menyentuh usus, hal ini bisa mengakibatkan iritasi. Capsaicin dalam cabai dapat berfungsi sebagai pencahar dan membuat Anda harus segera lari ke kamar mandi. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

2 dari 2 halaman

Mengiritasi bibir

3. Iritasi bibir
Cabai adalah iritan kulit yang bisa mengiritasi bibir Anda. Jadi, baiknya oleskan lip balm sebelum mengonsumsi makanan pedas untuk menciptakan penghalang pada bibir agar tidak terjadi iritasi.

4. Kurangi kepekaan terhadap selera
Makanan panas dan pedas bisa mengurangi sensitivitas selera Anda dari waktu ke waktu. Jadi, pikirkan dua kali sebelum Anda menambahkan bubuk cabai merah untuk menambah cita rasa pada makanan tersebut.

Kurangilah konsumsi makanan pedas jika tidak ingin mengalami gangguan kesehatan.

(Michelle Tania)