Sukses

Selain Tempat Sampah, 2 Benda di Dapur Ini Bahaya bagi Kesehatan

Bukan tempat sampah saja yang menjadi tempat berkumpulnya bakteri di dapur, tapi dua benda berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua orang sadar kalau peralatan di dapur 100 persen steril dan aman untuk kesehatan. Meskipun setiap hari sudah dibersihkan, ternyata masih ada beberapa barang di dapur yang berbahaya bagi kesehatan keluarga.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (23/8/2017), berikut barang-barang di dapur yang dapat menjadi sarang bakteri jahat.

1. Spons cuci piring

Benda ini merupakan sarang berkumpulnya bakteri lantaran sisa-sisa makanan, tanpa disadari dapat menyelinap dalam pori-pori spons. Dalam jurnal Scientific Reports, membersihkan spons cuci piring sama sekali tidak efektif untuk menghilangkan bakteri di dalamnya.

Spons yang dicuci juga tidak menunjukkan adanya penurunan bakteri E.Coli dan Salmonella yang terus berkembang dengan subur. Sebaiknya, Anda mengganti spons cuci piring minimal sekali dalam sebulan.  

2. Pisau dan talenan

Setelah memotong daging mentah dengan pisau dapur yang biasa digunakan, terkadang pisau tidak dicuci ulang dan langsung digunakan untuk memotong sayuran segar. Faktor ini bisa menyebabkan bakteri tidak terlihat berpindah. Sebaiknya gunakan pisau baru atau mencuci lebih dahulu pisau tadi sebelum Anda gunakan kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.