Sukses

Pahami 3 Hal Ini Sebelum Eksfoliasi Kulit Wajah

Liputan6.com, Jakarta Eksfoliasi merupakan teknik perawatan kulit wajah yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Namun, ternyata tak semua jenis kulit bisa menerima perawatan ini, apalagi jika Anda memiliki kulit sensitif.

Melakukan eksfoliasi pada kulit sensitif akan menimbulkan ruam, kemerahan dan masalah lainnya. Sementara, pada kulit yang rentan berjerawat dan berpori-pori besar, teknik perawatan ini akan memberikan khasiat yang luar biasa, dan memberikan kulit yang sehat dan cantik.

"Selain mengangkat sel kulit mati, pengelupasan kulit juga baik untuk mengeluarkan kotoran di dalam pori-pori Anda dan membuatnya tampak lebih kecil," kata Rachel Nazival, M.D., dermatologi di Manhattan.

Namun, sebelum Anda melakukan eksfoliasi, seperti dilansir laman Cosmopolitan, Kamis (17/8/2017) ketahui terlebih dahulu hal penting berikut ini.

1. Eksfoliasi untuk kulit kering

Stalina Glot, terapis estetika di Haven Spa, New York City mengatakan, kulit kering tidak begitu memerlukan eksfoliasi. Namun, jika Anda tetap ingin melakukannya, pilihlah produk krim atau scrub wajah yang halus dan mengandung vitamin B5 untuk menghindari benjolan kecil di wajah.

2. Eksfoliasi di pagi atau malam hari

Menurut Dendy Engelman, MD, NYC dokter bedah spesialis dermatologi, melakukan eksfoliasi kulit bisa dilakukan kapan saja. Namun, pada produk eksfoliasi yang mengandung retinol sebaiknya digunakan saat malam hari sebelum tidur, agar sel kulit mati yang terkelupas bisa kembali normal saat tidur.

3. Gunakan pelembab

Heidi Waldorf, M.D, dermatologi dari Manhattan menyarankan untuk selalu mengaplikasikan pelembap setelah melakukan eksfoliasi. Ini berguna untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.