Sukses

Alergi Makanan pada Anak Bisa Berakibat Fatal

Makanan yang menyehatkan ternyata dapat memicu reaksi pada anak dan akan berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

Liputan6.com, Jakarta Walau banyak orang yang mengalami alergi, sedikit yang tahu kenapa bisa terjadi. Alergi bukan penyakit yang menular. Masalah ini dapat terjadi karena faktor genetika dan lingkungan. Alergi dapat terjadi karena tubuh yang mempunyai genetik sensitif mengalami kontak dengan zat alergen.

Makanan seperti ikan, susu, telur, kacang-kacangan dan gandum meskipun sehat, ternyata juga dapat memicu alergi pada anak-anak. Kita seringkali menganggap bahwa alergi tidak mengancam nyawa, tapi jika diabaikan bisa berdampak fatal.

Ruam, gatal, bengkak, pusing dan bahkan pingsan merupakan gejala dari alergi. Hal ini dapat menyebabkan bronchospasm yang berarti penyempitan pada saluran pernafasan. Jika tidak ditangani dengan segera, akan berujung pada kematian. 

Pada beberapa orang yang menderita diabetes atau asma, alergi makanan menyebabkan lebih banyak masalah. Itulah alasan mengapa lebih baik menjauhkan anak Anda dari pemicu alergi.

Saat ini, tidak ada cara untuk mencegah masalah ini. Cara terbaik adalah menghindari konsumsi makanan yang dapat memicu reaksi alergi.

Alergi biasanya akan hilang setelah anak mencapai usia dewasa. Orangtua tidak perlu terus khawatir. Namun, pastikan untuk selalu memperhatikan apa yang dikonsumsi oleh anak untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi. (Michelle Tania)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.