Sukses

Tangan Terasa Kaku Saat Bangun Tidur, Petanda Kena Rematik?

Pernahkah Anda merasakan kaku pada tangan saat bangun tidur? Jika ya, simak selengkapnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda merasakan kaku pada tangan saat bangun tidur? Jika ya, kondisi ini dikaitkan dengan penyakit sendi Arthritis Reumatoid (AR).

Penyakit yang lebih dikenal dengan sebutan rematik ini merupakan salah satu penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan sendi. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari Klikdokter.com, faktor penyebab AR ini berasal dari genetik (turunan) sampai gaya hidup tidak sehat, khususnya merokok.

Seperti dilansir dari laman Klikdokter.com, Minggu (30/7/2017) AR biasanya terjadi pada beberapa sendi dalam waktu yang sama. Novita menjelaskan, AR kerap menyerang sendi-sendi jari-jari dan pergelangan tangan atau kaki.

Biasanya penyakit ini menyerang lebih dari tiga sendi dan mengenai kedua tangan atau kaki secara simetris pada waktu yang bersamaan. Menurut Novita, jarang sekali penyakit ini mengakibatkan nyeri di satu sendi saja.

"Biasanya mengenai sendi-sendi kecil seperti, pergelangan tangan, tangan, pergelangan kaki, dan kaki," katanya.

Gejala dan tanda dari Arthritis Reumatoid adalah sebagai berikut :

- Nyeri sendi.
- Pembengkakan sendi.
- Nyeri sendi bila disentuh atau di tekan.
- Tangan kemerahan.
- Lemas.
- Kekakuan pada pagi hari yang bertahan sekitar 30 menit.
- Demam.
- Berat badan turun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.