Sukses

Tetap Semangat Bekerja Meski Berpuasa Ramadan, Ini 8 Caranya

Liputan6.com, Jakarta Senin waktunya bekerja kembali. Kemacetan lalu lintas dan sibuknya pekerjaan membuat hari kerja terasa tegang. Belum lagi puasa dan dehidrasi selama Ramadan yang bisa menurunkan produktivitas kerja ke titik terendah.

Namun, jangan jadikan jam kerja di Bulan Suci sebuah siksaan. Memang tak makan dan minum selama jam kerja bisa mengakibatkan hilangnya kreativitas dan fokus, tapi Anda bisa tetap bersemangat dengan melakukan beberapa kegiatan ini seperti dilansir Arabianbusiness.

1. Bernapas dalam

Ini sama dengan bernapas ketika menenangkan diri, jadi bisa memberikan energi. Saat merasa kelaparan dan mengantuk ketika bekerja, cobalah menarik napas dalam-dalam karena bisa membuat darah Anda memompa dan meningkatkan energi Anda. Semakin dalam kita bernapas, semakin banyak oksigen yang mencapai ke sel tubuh kita, sehingga membantu menjalankan fungsinya pada tingkat optimal.

2. Peregangan atau menjauhi meja Anda

Beberapa peregangan bisa membuat berenergi. Menurut para ahli, peregangan mengaktifkan cadangan energi di dalam tubuh dan membuat pemompaan darah Anda, secara instan meningkatkan energi Anda. Sebuah peregangan yang mudah dilakukan adalah letakkan tangan kanan Anda di tepi lengan kiri dan lengan belakang Anda. Lakukan hal yang sama dengan tangan kiri Anda di sisi lain dan ulangi. 

3. Tidur siang

Menurut penelitian, tidur siang 10 sampai 20 menit dapat meningkatkan produktivitas dan kewaspadaan, dan bahkan membantu Anda lebih fokus. Pastikan tidur siang jangan lebih dari 30 menit. Saat tubuh tidur nyenyak, akan membuat Anda lebih lelah saat Anda bangun tidur.

4. Tertawa

Tertawa dikenal sebagai pereda stres dan mood booster, tapi juga meningkatkan kadar energi. Menurut penelitian, tertawa menaikkan tekanan darah dan detak jantung, mau tak mau membuat Anda merasa lebih energik. 

5. Mendengarkan musik yang bagus

Mendengarkan musik yang bagus bisa membuat suasana hati yang baik, tapi juga meningkatkan energi Anda. Bagaimana bisa? A. Cara ini bisa membuat Anda ingin menari. B. Ini meningkatkan kewaspadaan dan produktivitas.

6. Bersosialisasi

Ngobrol dengan rekan kerja atau teman juga bisa menaikkan level energi Anda jika Anda merasa kehabisan tenaga. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa orang-orang yang secara sosial pada umumnya lebih produktif bekerja daripada mereka yang tidak. 

7. Lakukan sesuatu yang menarik minat Anda

Cari tahu jam berapa Anda paling lelah dan rencanakan untuk melakukan sesuatu yang menarik saat itu. Ini bisa sesederhana mungkin dengan membaca artikel yang melibatkan Anda atau melakukan hobi. Tetap senang dengan apapun yang Anda lakukan pasti akan membuat Anda merasa berenergi (atau paling tidak, jauhkan pikiran Anda dari kelaparan).

8. Berjalanlah dari meja Anda

Duduk selama berjam-jam pasti membuat Anda mengantuk. Melangkah menjauh dari komputer Anda selama beberapa menit bisa membangunkan Anda kembali.

Loading