Sukses

Air Kolam Renang Penyebab Kasus Diare di AS Meningkat

Air kolam renang yang ditelan dapat menyebabkan diare.

Liputan6.com, Amerika Serikat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di AS melaporkan, kebanyakan kasus diare yang menimpa penduduk di sana akibat menelan air kolam renang. Tahukah kamu air kolam renang mengandung parasit yang jumlahnya sangat tinggi?

Nama bakteri yang kerap bersarang di kolam renang adalah Cryptosporidium. Ini termasuk parasit yang sangat sulit untuk dibunuh. Bakteri ini yang menyebabkan 32 kasus diare terjadi pada 2016. Berdasarkan laporan yang sama, kasus ini meningkat dua kali lipat dibanding 2014 yang hanya 16 kasus.

Cryptosporidium dapat bertahan hidup selama 10 hari dalam air kolam renang yang mengandung klorin (zat kimia untuk membunuh bakteri dan kuman). Ketika seseorang tanpa sengaja menelan air kolam renang, meski hanya seteguk, bisa membuatnya sakit sampai tiga minggu lamanya.

Seperti dikutip dari situs The Washington Post, Senin (22/5/2017), bakteri itu tak hanya menyebabkan diare, tapi juga kram perut, mual atau muntah, dan dehidrasi.

Untuk membunuh parasit tersebut, CDC merekomendasikan agar membersihkan kolam renang secara teratur dan memasukkan kadar klorin yang tinggi.

CDC juga menyarankan, supaya para orangtua tidak membiarkan anak-anak berenang bila mereka sedang diare.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini