Sukses

6 Alasan Anda Perlu Batasi Asupan Gula

Mulai dari faktor penampilan hingga kesehatan jadi alasan penting Anda perlu membatasi asupan gula.

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang tinggi asupan gula seperti kue, cokelat, permen, dan minuman terasa nikmat di lidah. Namun, ada baiknya membatasi asupan gula. Berdasarkan rekomendasi Kementerian Kesehatan, orang dewasa sebaiknya membatasi maksimal empat sendok makan gula setiap hari.

Ada beberapa alasan Anda perlu membatasi asupan gula. Mulai dari faktor penampilan hingga kesehatan berikut alasan selengkapnya seperti mengutip Time, Senin (3/7/2017).

1. Kulit tampak lebih muda

Jika Anda ingin wajah lebih kencang, sebaiknya batasi asupan gula. Menurut studi, kadar gula dalam darah memengaruhi elastisitas kulit. Kadar gula yang terlalu tinggi dalam darah akan membuat cepat kendur alias keriput.

2. Lemak tubuh lebih sedikit

Semakin banyak mengonsumsi minuman manis, tingkat lemak visceral di tubuhnya tinggi. Lemak visceral biasa terdapat di organ vital seperti hati, pankreas, dan usus. Kehadiran lemak jenis ini juga berpengaruh terhadap penyakit jantung dan diabetes.

3. Lebih energik

Gula begitu cepat dicerna lalu masuk ke dalam aliran darah. Itulah sebabnya mengonsumsi minuman atau makanan manis memang membuat jadi lebih berenergi. Namun, energi yang dihasilkan tidak terlalu lama. Lebih baik pilih makanan yang rendah gula, tapi tinggi protein yang mampu membuat Anda berenergi lebih lama dibanding asupan gula seperti dipaparkan ahli nutrisi, Diane Sanfilippo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Risiko jadi obesitas menurun

4. Risiko obesitas rendah

Membatasi asupan gula, sama saja dengan membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Namun kalau Anda gemar sekali mengonsumsi makanan manis dan jarang bergerak, lama kelamaan jadi obesitas. Untuk diketahui, satu sendok teh mengandung 16 kalori.

5. Jantung sehat

Studi yang dipublikasikan dalam JAMA di 2014 mengungkapkan seseorang yang mengonsumsi gula kadar tinggi, memiliki risiko ganda terkena penyakit jantung. Nah, bila Anda mengonsumsi gula secukupnya dan menjalani gaya hidup sehat, maka jantung sehat dimiliki.

6. Risiko kena diabetes tipe 2 menurun

Studi dari Stanford University, Amerika Serikat, pada 2014 mengungkapkan semakin banyak asupan gula di suatu penduduk, semakin tinggi risiko terkena diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini