Sukses

3 Jurus Ampuh Berhenti Merokok

Liputan6.com, Jakarta Dari semua perokok, pasti ada yang ingin berhenti merokok. Selain niat yang kuat, perlu juga diiringi dengan hal lain guna mendukung kesuksesan berhenti merokok.

Berikut tips berhenti merokok dari salah satu dokter Klinik Berhenti Merokok RSUP Persahabatan Jakarta, Feni Fitriani Taufik, saat berbincang dengan Health-Liputan6.com, ditulis Kamis (13/4/2017).

1. Niat

Ini adalah modal awal dan utama untuk bisa berhenti merokok. Perlu diingat bahwa niat berhenti berasal dari perokok itu sendiri.

2. Motivasi yang kuat

Saat berhenti merokok harus memiliki motivasi kuat. Tahu kondisi seperti apa yang membuat mereka rentan untuk kembali merokok. Misalnya saat kumpul bersama teman-teman atau sedang stres.

"Lakukan sesuatu dengan kondisi masing-masing. Misalnya saat berkumpul bersama teman-teman berani untuk menolak," kata Feni.

3. Dukungan dari teman-teman dan orang di sekitarnya

Ketika lingkungan memberikan dukungan akan menyukseskan hal tersebut. Bila misalnya saat pasien menyerah, dukungan keluarga dan teman begitu berarti.

Bila hal tersebut masih saja gagal membuat berhenti, coba datangi layanan medis untuk konseling hingga bila perlu terapi obat. Paling tidak ada 50-60 persen pasien yang mendapatkan layanan medis berhasil berhenti merokok

Tragedi Kabut Asap
Loading