Sukses

Kandungan Sitrat dalam Lemon Bisa Cegah Batu Ginjal

Liputan6.com, Jakarta Lemon disebut-sebut sebagai salah satu buah yang dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Banyak orang menduga jika vitamin C dalam lemon memiliki peran dalam memecah batu ginjal. Padahal bukan vitamin C yang bekerja mencegah terjadinya batu ginjal.

Dokter spesialis urologi, Marto Sugiono, dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk, menjelaskan vitamin C yang diklaim baik untuk kesehatan rupanya tak cukup untuk mencegah batu ginjal. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi vitamin C justru akan menghancurkan ginjal.

"Tidak ada kaitannya (vitamin C) dengan batu ginjal, jangan menyamakan lemon dengan vitamin C karena yang bekerja untuk batu ginjal itu adalah sitrat dalam lemon," ujar Marto.

Sebuah studi yang dilansir dari Daily Mail, juga menemukan bahwa pengobatan baru batu ginjal bisa dengan ekstrak buah jeruk dan lemon alami yang mengandung hydroxycitrate (HCA).

Penulis studi, Dr Jeffrey Rimer, dari University of Houston, menjelaskan HCA efektif dalam memperlambat penumpukan kalsium oksalat (senyawa pembentuk batu ginjal). Namun, untuk hasil yang maksimal pasien juga disarankan untuk minum air putih yang cukup setiap harinya.