Sukses

3 Jenis Olahraga yang Aman bagi Ibu Hamil Bayi Kembar

Kondisi tubuh ibu yang mengandung dua janin harus beradaptasi lebih kuat dibanding dengan satu janin.

Liputan6.com, Jakarta Ibu hamil sangat disarankan untuk melakukan aktivitas fisik ringan demi mendukung kelancaran dalam proses melahirkan. Setidaknya pada minggu pertama kehamilan, setiap hari ibu hamil harus mengambil lima menit untuk berolahraga.

Namun, pada ibu hamil bayi kembar ada perawatan dan pilihan olahraga yang berbeda. Sebab, kondisi tubuh ibu yang mengandung dua janin harus bisa mengambil pernapasan yang lebih kuat dibanding dengan satu janin. Lalu, apa saja olahraga yang aman bagi ibu hamil bayi kembar?

Mengutip laman Baby Centre, Senin (13/2/2017) berenang merupakan jenis olahraga yang direkomendasikan bagi ibu hamil bayi kembar. Air memberikan bantuan untuk meringankan beban badan dan olahraga ini dinilai lebih aman dan terlindung dari cedera. Ibu hamil bayi kembar cukup bergerak dan berjalan dalam air.

Selain itu berikut tiga jenis olahraga yang aman untuk dilakukan ibu hamil bayi kembar.

1. Yoga

Yoga dapat membangun fleksibilitas dan otot-otot ibu hamil. Dengan yoga, ibu hamil dapat berlatih pernapasan dan relaksasi. Disarankan ibu hamil mengambil kelas yoga pada trimester pertama dan trimester kedua.

2. Pilates

Olahraga ini akan membantu ibu hamil menemukan otot dasar panggul untuk kontraksi yang baik. Ibu hamil bayi kembar yang melakukan pilates juga dapat mengatur pernapasan yang baik.

3. Jalan kaki

Latihan fisik ini menjadi opsi termudah dan termurah. Jalan kaki dapat membantu ibu hamil bayi kembar tetap aktif dan terhindar dari rasa sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini