Sukses

12 Superfood Ini Mudah Didapat dan Efektif Menurunkan Berat Badan

Liputan6.com, New York- Saat ingin menurunkan berat badan, Anda tidak berarti mengurangi porsi makan. Satu hal yang penting adalah mengatur dan cerdas memilih makanan. Salah satunya dengan mengonsumsi superfood.

Superfood adalah makanan yang di dalamnya mengandung nutrisi kaya vitamin dan mineral. Selain itu juga memiliki manfaat mengurangi peradangan dan membantu menjaga saluran pencernaan tetap lancar.

Nah, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan berikut 12 superfood yang perlu dikonsumsi. Lalu, 12 makanan berikut juga mudah didapatkan. Berikut selengkapnya seperti mengutip Self dan Men's Fitness pada Kamis (12/1/2017).

1. Cabai

Di dalam cabai terdapat capsaicin yang baik dalam membantu mendorong metabolisme tubuh, seperti kata pakar nutrisi Jessica Cording. Mengonsumsi cabai setiap hari bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh 15-20 dua jam sesudah makan. Metabolisme tubuh yang baik akan membantu menurunkan berat badan.

Kurang yakin akan manfaat cabai dalam menurunkan berat badan? Studi dari Purdue University Amerika Serikat mengungkapkan setengah sendok teh cabai bubuk membantu mengontrol asupan kalori.

2. Telur

Mungkin Anda setiap minggu mengonsumsi telur, ini berarti Anda sudah mengonsumsi superfood. Makanan yang satu ini kaya protein, kolin, lutein dan zeaxanthin serta vitamin D.

Nah, jika Anda senang mengonsumsi telur saat sarapan, menurut studi di International Journal of Obesity, bisa memangkas kalori di hari tersebut hingga 65 persen.

"Telur mengandung protein dan lemak sehingga mampu menjaga nafsu makan seseorang," kata Cording.

3. Blueberri

"Seperti buah beri lainnya, buah yang satu ini lebih rendah kalori dibandingkan apel dan pisang," kata Cording.

Ya, buah berwarna kehitaman ini memang kaya vitamin dan mineral serta serat. Salah satu kekuatan lainnya adalah blueberri mengandung antioksidan.

4. Cokelat hitam

Cokelat hitam benar-benar mampu membantu menurunkan berat badan. Orang dewasa yang mengonsumsi cokelat hitam ukuran sedang lebih kurus dibandingkan yang tidak. Mereka yang tidak mengonsumsi cokelat cenderung makan kalori lebih banyak.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Jahe

5. Alpukat

"Alpukat mengandung lemak jenuh tak tunggal serta serat yang membuat tetap terjaga," kata Cording.

Jika ingin membuktikan manfaat avokad dalam menurunkan tubuh, coba konsumsi alpukat saat makan siang. Mereka yang mengonsumsi alpukat saat makan siang, cenderung asupan kalori lebih rendah 40 persen.

6. Jahe

Suka dengan jahe? Rupanya orang yang mengonsumsi teh dengan jahe sesudah makan merasa lebih kenyang. Hal ini diungkapkan dalam studi di Columbia University.

7. Bayam

Ingin Tubuh Kuat? Konsumsi Bayam!

Sayur hijau satu ini selain harganya murah juga kaya nutrisi. Mulai dari zat besi, kalium, serat, dan protein.

8. Semangka

Buah berwarna merah ini kaya dengan antioksidan jenis likopen. Selain itu buah yang satu ini juga kaya air yang merupakan salah satu kunci dalam menurunkan berat badan.

"Ketika pasokan cairan tubuh terpenuhi, sistem di tubuh termasuk metabolsime bekerja lebih baik," kata ahli nutrisi biokemikal, Shawn Talbott.

9. Apel

Saat mengonsumsi apel, jangan lupa beserta kulitnya. Mengonsumsi apel beserta kulit itu kaya serat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

3 dari 3 halaman

Ubi jalar

10. Tomat

Kaya antioksidan, likopen, air, dan kalium membuat toma menjadi superfood yang ada di dapur seperti diungkapkan ahli nutrisi, Brigitte Zeitlin.

11. Ubi jalar

Makan Ubi Jalar = Anak Kembar

Suka dengan ubi jalar alias mantang? Jika iya, makanan yang harganya relatif murah ini juga masuk dalam kategori superfood.

12. Salmon

Omega-3 dalam ikan salmon luar biasa dalam menurunkan berat badan. Selain itu, kehadiran omega-3 juga membantu membentuk otot tubuh. Semakin banyak otot terbentuk semakin banyak kalori tubuh terbakar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.