Sukses

Manfaat Durian, Bikin Awet Muda

Sering dianggap sebagai penyebab masalah kesehatan, namun ternyata, ada banyak manfaat durian.

Liputan6.com, Jakarta Di balik dagingnya yang lembut, rasanya yang unik, dan aromanya yang tajam, ternyata durian juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang mungkin jarang diketahui.

Padahal selama ini, buah yang sering disebut sebagai makanan para raja ini sering dianggap sebagai penyebab kolesterol tinggi dan darah tinggi. Padahal ada banyak manfaat durian bagi tubuh. 

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak tujuh manfaat durian di bawah ini, seperti dilansir dari Organicfacts, Rabu (7/12/2016):

1. Membantu pencernaan

Durian mengandung kadar serat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan. Serat menyebabkan gerakan usus meningkat dalam jumlah besar, yang akan memudahkan mereka untuk menggerakkan makanan melalui saluran usus. Bahkan sebagian besar serat dalam durian adalah serat tidak larut yang dapat menurunkan frekuensi diare seseorang.

2. Kesehatan kardiovaskular dan tekanan darah

Durian merupakan sumber yang kaya akan kalium, yang dapat menyeimbangkan cairan di dalam sel-sel tubuh, mengontrol tekanan darah, serta mengurangi stres pada sistem kardiovaskular, sehingga akan menurunkan berkembangnya kondisi seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

3. Anti penuaan

Ternyata durian memiliki berbagai macam sifat antioksidan yang berasal dari vitamin dan susunan kimiawi organik yang aktif mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh, sehingga hal ini juga akan mengurangi kemungkinan penuaan dini dan menunda munculnya keriput, flek, penyakit arthritis, kanker, rambut rontok, dan penyakit jantung.

4. Melawan insomnia

Durian mengandung triptofan, yaitu kimia organik yang terkait dengan tidur. Jadi jika Anda menderita insomnia, makan beberapa buah durian sebelum malam hari, dan lihat hasilnya.

5. Disfungsi seksual

Beberapa studi menunjukkan bahwa afrodisiak dalam daging durian, dapat meningkatkan libido seksual, stamina, dan juga mengurangi infertilitas pada pria dan wanita.

6. Mencegah kanker

Seperti yang disebutkan sebelumnya, durian mengandung banyak antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang dapat merusak DNA dari sel-sel tubuh dan mengubahnya menjadi sel kanker. Selain antioksidan, durian juga mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, dan fitonutrien yang dapat melawan sel-sel kanker.

7. Tulang sehat

Durian merupakan sumber magnesium, kalium, mangan, dan zinc yang semuanya memainkan peran yang penting dalam mempertahankan kekuatan dan daya tahan tulang yang membantu mencegah berkembangnya osteoporosis di segala usia.

Namun satu-satunya yang perlu diperhatikan ketika makan durian adalah kandungan lemaknya. Mereka memiliki lemak yang lebih banyak daripada buah-buahan lainnya, kecuali alpukat. Mereka umumnya lemak sehat, tapi untuk orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan, lebih baik batasi konsumsi buah ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.