Sukses

Makan Sebutir Telur Sehari Turunkan Risiko Stroke

Peneliti mengevaluasi hubungan antara asupan telur dengan penyakit jantung koroner dan stroke.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sudah mengetahui bahwa telur mengandung protein yang tinggi. Protein dapat memberikan tubuh Anda tenaga lebih saat menjalankan fungsinya selama beraktivitas. Semakin padat protein yang Anda miliki, semakin besar pula tenaga yang Anda dapatkan.

Kini, sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi sebutir telur setiap hari bisa menurunkan risiko stroke hingga 12 persen, dikutip dari laman Boldsky, Minggu (20/11/2016).

Sebutir telur berukuran besar mengandung enam gram protein berkualitas tinggi dan antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang ditemukan dalam kuning telur, serta vitamin E, D dan A.

"Telur memiliki banyak atribut gizi yang positif termasuk antioksidan yang telah terbukti dapat mengurangi stres oksidatif dan peradangan. Telur juga merupakan sumber protein yang sangat baik, yang dapat menurunkan tekanan darah," kata peneliti utama Dominik Alexander dari EpidStat Institute Michigan, Amerika Serikat.

Untuk penelitian ini, tim melakukan kajian sistematis dan meta-analisis studi dengan mencatat kembali dari tahun 1982 hingga 2015. Mereka mengevaluasi hubungan antara asupan telur dengan penyakit jantung koroner dan stroke.

Studi ini menggarisbawahi penelitian sebelumnya yang menunjukkan kurangnya hubungan antara telur dengan penyakit jantung, dan sekarang menunjukkan efek yang menguntungkan dari makan telur dengan risiko stroke.

Jadi, tunggu apa lagi. Pastikan Anda mendapatkan asupan telur setiap hari jika ingin terhindari dari penyakit stroke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini