Sukses

Atasi Kelelahan Kronis dengan Semangka

Saat tubuh kekurangan energi, otomatis Anda akan merasakan lemas dan kelelahan sehingga mengganggu aktivitas Anda.

Liputan6.com, Jakarta Saat tubuh kekurangan energi, otomatis Anda akan merasakan lemas dan kelelahan sehingga mengganggu aktivitas Anda. Energi memang sangat dibutuhkan tubuh untuk bergerak aktif dan menjaga tubuh tetap bugar.

Makanan manis salah satu sumber yang dipercaya dapat menambah energi tubuh Anda. Namun, bagi Anda yang membatasi konsumsi makanan manis, Anda bisa mencoba beberapa alternatif makanan untuk mengatasi lelah seperti dilansir Rodale Wellness, Rabu (9/11/2016) berikut ini.

1. Teh
Secangkir teh mengandung I-theanine, yang ketika dipasangkan dengan kafein, asam amino alami dalam teh dapat meningkatkan kognisi yang lebih efektif dibanding kafein saja. Peneliti dari Biological Psychology melakukan penelitian dimana mereka yang menggabungkan kafein dengan I-theanine, mendapatkan berbagai manfaat kognitif termasuk peningkatan kewaspadaan, memori dan waktu reaksi serta penurunan kelelahan mental.

2. Yoghurt
Ketidakseimbangan mikrooganisme dalam saluran pencernaan bisa menyebabkan kelelahan kronis atau chronic fatigue syndrome. Yoghurt, salah satu makanan yang mengandung probiotik atau bakteri baik dan dapat membantu kesehatan pencernaan. Sehingga, Anda bisa terhindar dari kelelahan akibat gangguan dalam saluran cerna. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Semangka

3. Semangka
Jika Anda merasakan kelelahan setelah terkena panas seharian atau olahraga yang menguras keringat, mungkin kondisi tersebut karena Anda mengalami dehidrasi. Sepotong buah semangka yang mengandung banyak air dapat mengurangi kelelahan akibat dehidrasi.

4. Paprika merah
Antioksidan membantu mengurangi stres oksidatif yang berasal dari radikal bebas. Selain antioksidan, paprika merah juga mengandung vitamin C yang dapat menurunkan hormon stres kortisol. Sehingga, makan paprika merah dapat mengatasi lelah akibat stres.

5. Gandum utuh
Ini biasanya digunakan oleh mereka yang sedang diet untuk tetap mendapatkan tenaga yang sama seperti mengonsumsi karbohidrat. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti biskuit gandum atau semangkuk oatmeal. Tubuh mencerna dan melepaskan karbohidrat kompleks secara perlahan, menjaga gula darah Anda tetap stabil dan membuat tubuh tetap berenergi.

6. Kenari
Peneliti Belgia menemukan bahwa pasien dengan kelelahan kronis memiliki kadar rendah asam lemak omega-3 dan orang-orang dengan gejala kelelahan yang paling parah mengalami kekurangan omega-3. American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa asam alfa-linolenat, asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam kenari juga dapat membantu meringankan gejala depresi.

7. Dark chocolate
Hull York Medical School di United Kingdom menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi dark chocolate atau cokelat hitam lebih sedikit mengalami kelelahan. Peneliti menduga, polifenol yang ada dalam cokelat hitam ini dapat meningkatkan kadar pemicu kebahagiaan, meningkatkan zat kimia otak serotonin, yang merupakan unsur penting mengurangi kelelahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini