Sukses

Ini Tanda Jantung Anda Tidak Bekerja Baik

Untuk menghindari penyakit jantung, waspadai lima tanda berikut yang berpotensi sebabkan penyakit jantung.A

Liputan6.com, Jakarta Penyakit jantung dikenal dengan sebutan "silent killer" karena penyakit ini bisa datang tiba-tiba dan kondisi terparah bisa menyebabkan kematian. Tanda atau gejala serangan jantung tidak selalu sama.

"Terutama pada wanita, tanda atau gejala masalah jantung tidak selalu mengikuti pola yang umum terjadi," kata Kerry Hildreth, asisten profesor kesehatan jantung University of Colorado school of Medicine.

Mencegah serangan jantung dapat dilakukan dengan rutin mengecek kadar tekanan darah dan kolesterol Anda. Untuk menghindari penyakit jantung, waspadai lima tanda berikut yang berpotensi sebabkan penyakit jantung, dikutip dari laman Prevention, Senin (7/11/2016).

1. Nyeri di dada
Tekanan yang terus-menerus, seperti beban berat yang menekan dada Anda, bisa jadi salah satu tanda nyeri akibat penyakit jantung. Memang, tanda nyeri ini tidak selalu terasa tajam, bisa juga rasa sakit yang halus dan terkadang terasa hingga ke bahu, lengan, leher atau rahang. Nyeri dada yang muncul selama atau setelah olahraga dan juga stres, bisa jadi pertanda masalah pada aliran darah.

2. Pusing
Sering merasa pusing bisa jadi pertanda adanya penyumbatan atau masalah yang terkait katup, terutama jika jantung Anda berdebar-debar (palpitasi). Berdasarkan penelitian terbaru dari University of North Carolina, sering pusing setiap kali Anda berdiri dengan cepat, dapat menjadi pertanda akan terjadinya gangguan jantung. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelelahan

3. Kelelahan
Banyak wanita dengan riwayat penyakit jantung merasakan lelah yang aneh selama beberapa minggu menjelang serangan. Mereka juga merasakan kesulitan tidur sebelum akhirnya terserang penyakit jantung.

4. Sesak napas
Apabila Anda merasakan sesak napas usai melakukan aktivitas yang sangat ringan, serta sesak napasnya lebih parah dari sebelumnya, ini bisa jadi pertanda penyakit jantung.

5. Mirip dengan gejala flu
Merasa mual, lelah dan mengalami keringat dingin bisa jadi pertanda aliran darah yang tidak cukup ke seluruh tubuh. Hampir semua orang mengalami gejala ini. Tapi jika gejala tersebut mulai setelah melakukan aktivitas fisik, hubungi dokter Anda.

Penelitian menunjukkan, beberapa wanita memiliki gangguan pencernaan beberapa hari sebelum terkena serangan jantung. Banyak yang tidak menyadari gejala ini sehingga mereka tidak segera ke dokter dan mendapatkan perawatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini