Sukses

Jangan Putus Asa, 9 Penyakit Genetik Ini Bisa Dicegah

Liputan6.com, Jakarta Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kalimat ini benar-benar berlaku untuk setiap penyakit khususnya pada penyakit genetik atau penyakit yang diturunkan oleh orangtua atau kerabat dekat lainnya.

"Sejarah kesehatan dalam keluarga harus betul-betul dipahami. Mulai dari lingkungan Anda dibesarkan, makanan Anda, hingga konteks emosional keluarga yang dapat memberikan efek kesehatan," kata Dr. Rachel Carlton Abrams, seperti dikutip Bustle, Rabu (2/11/2016).

Memahami riwayat kesehatan keluarga dapat membantu individu untuk melakukan pencegahan sedini mungkin. Berikut sembilan penyakit genetik yang perlu diketahui dan dapat dicegah:

1. Alzheimer

"Alzheimer memiliki dasar genetik dalam gen Apolipoprotein E," kata Prudence Hall, M.D.

Saat gen Apoe E ini hadir, maka penyakit Alzheimer dapat meningkat. Hall mengatakan, penting untuk mengetahui status genetik untuk mengarahkan kepada gaya hidup yang lebih baik, seperti pemilihan makanan dan kegiatan yang memperkuat otak dalam mencegah alzheimer.

2. Kanker payudara

"Gen BRCA 1 dan 2 adalah gen yang dapat meningkatkan kanker payudara hingga 50 persen," kata Hall.

Menurut Hall, dengan melihat gen ini dalam tubuh seseorang, maka besar kemungkinan penyakit ini bisa dicegah sedini mungkin.

3. Jantung

Menurut Nesochi Okeke-Igbokwe, M.D., M.S, penyakit kardiovaskular dapat berkembang secara turun temurun.

"Penting untuk memberitahu dokter jika Anda memiliki riwayat keluarga yang kuat dengan penyakit ini, sehingga langkah-langkah yang tepat dapat diambil untuk pencegahan, deteksi dini, dan pengobatannya", kata Nesochi.

4. Diabetes

Individu akan lebih berisiko jika ada keluarga yang memiliki diabetes tipe 2. Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, dengan mengetahui lebih dini pencegahan diabetes tipe 2 akan lebih efektif, dengan membiasakan gaya hidup sehat seperti pemilihan makanan dan tetap aktif.

5. Penyakit mental

Sangat penting untuk mengetahui sejarah keluarga termasuk penyakit mental atau gangguan mood. "Jika Anda memiliki riwayat keluarga depresi, kecemasan kronis, atau kondisi kejiwaan lainnya, pastikan untuk memberitahu dokter Anda," kata Dr. Jennifer Caudle.

6. Kolesterol

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika (CDC) mengatakan bahwa gangguan kolesterol juga dapat diturunkan. Masalahnya, kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung, dan kondisi penyakit lainnya. Tapi risiko ini akan meningkat berdasarkan pilihan gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang olahraga atau pola makan yang buruk.

7. Pembekuan darah

"Gangguan pembekuan darah juga bisa terjadi karena genetik. Dengan rajin mengonsumsi minyak ikan dan beraktivitas fisik dapat menurunkan risiko ini," kata Hall.

8. Penyalahgunaan narkotika

"Penggunaan narkotika dan alkohol juga hal yang penting dalam riwayat kesehatan keluarga," kata Caudle.

Penelitian dalam Psychology Today menunjukkan bahwa sekitar 40 hingga 60 persen risiko pengembangan konsumsi alkohol dipengaruhi oleh faktor genetik, termasuk penggunaan narkotika seperti kokain.

9. Penyakit autoimun

Penyakit autoimun seperti lupus sangat penting untuk diketahui sedini mungkin. Penyakit genetik satu ini juga dapat diturunkan. Cara pencegahannya, Anda bisa check up rutin setiap tahun.