Sukses

Kisah 6 Artis Indonesia Saat Didiagnosis Penyakit Mematikan

Liputan6.com, Jakarta Padatnya kesibukan para selebritas mungkin membuat mereka lupa untuk memperhatikan makanan serta kehidupan yang sehat. Akibatnya, sebagian dari mereka terserang beberapa penyakit

Bukan penyakit ringan seperti misalnya flu atau demam biasa, tapi justru penyakit membahayakan seperti kanker sampai meningitis yang mematikan.

Lantas bagaimana mereka menjalani hidup dengan sakitnya tersebut? Siapkah mereka menjalani operasi?

2 dari 8 halaman

Pevita Pearce

Tak banyak orang menyangka kalau artis cantik Pevita Pearce memiliki tiga tumor di payudaranya. Ia mengaku sudah dua tahun ini mengidap penyakit tersebut.

Agar penyakit tersebut tidak menjalar menjadi kanker, ia kini siap menjalani operasi pengangkatan tumor di Malaysia. Tak lupa. ia berterima kasih kepada penggemar yang telah mendoakan dirinya agar lancar menjalani operasi.


3 dari 8 halaman

Julia Perez

Pelantun Belah Duren itu berusaha ikhlas dengan penyakit kanker serviks yang dideritanya. Bahkan ia sudah masuk tahap 1B di mana virus sudah menjalar ke bagian mulut rahim.

Namun, Jupe --sapaan Julia Perez-- tidak tinggal diam. Ia pun melakukan pengobatan di Singapura guna menjalani operasi pengangkatan sel telur, dan kemoterapi.

Dan baru-baru ini, Jupe kembali menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. "Iya aku kecapekan karena syuting film. Jadi harus dirawat," ujarnya.

4 dari 8 halaman

Ashanty

Ibu sambung Aurel Hermansyah ini sempat terbaring di rumah sakit akibat radang selaput otak alias meningitis. Ashanty pun harus menjalani perawatan intensif di salah satu rumah sakit besar.

Dokter pribadi Anang Hermansyah, Dr Gatoet Soeseno menuturkan, salah satu penyebabnya karena Ashanty terlalu kelelahan.

"Yang pasti capek, daya tahan tubuh turun, virus masuk. Obatnya harus istirahat. Infeksi radang bisa karena bakteri, virus, TBC, paling sering akibatnya karena itu. Radang bisa turunkan kesadaran, kejang-kejang tinggi, dan demam," lanjutnya.

Setelah dinyatakan sembuh, Ashanty yang saat itu mendambakan anak pun hamil. Pada 14 Desember 2014 ia melahirkan putri yang diberi nama Arsy Addara Musicia Nurhermansyah.

Pada Juni 2016 lalu, Ashanty kembali menjalani perawatan di rumah sakit karena tifus. Ia harus beristirahat selama beberapa waktu. Padahal ia tengah mengandung bayi usia lima bulan.

5 dari 8 halaman

Chikita Meidy

Lama tak terdengar namanya, mantan penyanyi cilik Chikita Meidy kembali ke dunia hiburan. Namun belum lama eksis, ia membawa kabar kurang menyenangkan.

Chikita Meidy harus menjalani perawatan di rumah sakit karena penyakit Typoid yaitu penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica khusus turunannya Salmonella Typhosa yang dideritanya.

Sebelumnya, Chikita sempat mengalami kejang-kejang hingga pingsan. "Iya sempat demam typoid seperti tifus gitu. Kalau didiamkan katanya bisa radang otak," ujarnya.

6 dari 8 halaman

Ria Irawan

Ria Irawan sempat didiagnosis menderita kanker getah bening stadium tiga. Setelah menjalani satu sesi kemoterapi, sel-sel kanker yang menyerang tubuhnya pun mulai menurun.

Sebelum kemoterapi berakhir, Ria pun memeriksa darah tumor marking atau biasa disebut pemeriksaan CA 125, untuk memantau kondisi tubuh dari dalam dan memastikan tak ada lagi sel tumor atau kanker tersisa.

"Ternyata hasil pemeriksaan darah CA 125 itu menggembirakan. Hasilnya bersih, nol. Bagus," ujarnya beberapa waktu lalu.

Meski dinyatakan sehat, namun Ria Irawan tetap menyelesaikan sesi perawatan yang terdiri dari enam kali kemoterapi.

"Saya menjalani 25 kali radiasi dari luar. Bagian tubuh yang diradiasi itu dari pusar ke bawah. Sebenarnya saya mesti menjalani tiga kali radiasi dari dalam, dengan memasukkan alat melalui (maaf) anus untuk mencari titik-titik radiasi di dalam tubuh. Saya tidak siap. Saya tidak menjalani metode itu," tandasnya.

7 dari 8 halaman

8 dari 8 halaman

Nunung Srimulat

Penyakit yang diderita komedian Nunung Srimulat tak berbeda dengan yang dialami Ashanty. Ia pun sempat menjalani rawat inap lantaran otaknya tidak menerima oksigen yang cukup, serta darah tak mau naik ke otak.

Tak seperti Ashanty, Nunung mengaku menjalani suntik di kepala. "Memang sakitnya luar biasa. Gimana tidak sih kepala disuntik sehari sampai dua kali. Tapi sekarang sudah enakan."

Selain kram otak, Nunung juga menderita kista serta miom di rahimnya. Ia pun sempat mengalami pendarahan.

Namun, Nunung tak mau menjalani operasi. "Saya belum siap, dan dokter mengizinkan untuk pulang."

Loading