Sukses

Ini yang Bikin Mulut Tak Bau Saat Berpuasa

Keharusan minum delapan gelas sehari juga bisa kita lakukan selama di bulan Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta Keharusan minum delapan gelas sehari juga bisa kita lakukan selama di bulan Ramadan. Meski selama kurang lebih 14 jam berpuasa, kecukupan air putih pun bisa kita dapat di waktu berbuka sampai imsak.

Drg Dita Firdiana pemilik Difa Oral Health Center yang berada di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, mengatakan, air putih merupakan komponen utama dari air liur yang berfungsi sebagai pembersih sisa makanan yang menempel di sela gigi.

"Banyak minum dapat mencegah dehidrasi dan menghindari bau mulut akibat mulut kering," kata Dita kepada Health Liputan6.com, Jumat (24/6/2016)

Namun, lanjut Dita, sudahkah kita minum dengan benar? Sudahkah kita menerapkan minum delapan gelas air putih per hari? Kalau iya, benarkah kita dalam menerapkannya.

"Saya sendiri sebagai mantan jamaah Al-Gelonggoiah yang terbiasa minum air sebanyak-banyaknya tepat sebelum imsak. Mulai puasa tahun ini mencoba lebih sehat dengan membagi-bagi jatah minumnya di jam-jam lain," kata Dita.

Dan inilah tips minum air delapan gelas agar sehat di bulan puasa dari Dita:

1. Satu gelas ketika membatalkan puasa
2. Satu gelas setelah sholat maghrib
3. Satu gelas setelah makan
4. Satu gelas selepas sholat Isya
5. Satu gelas setelah sholat tarawih
6. Satu gelas sebelum tidur
7. Satu gelas ketika bangun sahur
8. Satu gelas setelah makan sahur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.