Sukses

5 Alasan Kenapa Sulit Singkirkan Perut Buncit

Liputan6.com, Jakarta Memiliki lemak berlebih di area perut tentu bukan hal yang bisa dibanggakan. Meski banyak orang yang berasumsi perut buncit melambangkan kemakmuran, dari sisi kesehatan perut buncit bisa menjadi sarang penyakit.

Kelebihan lemak, terutama jenis lemak visceral yang bisa terjadi pada orang kurus pun sangat berbahaya. Lemak visceral yang memiliki predikat jahat dapat menyebabkan seseorang menderita jantung, diabetes tipe 2, resistensi insulin, hingga beberapa jenis kanker.

Menurut laman Health, Selasa (31/5/206), ada faktor pemicu lain yang menyebabkan usaha individu sia-sia, meski sudah berusaha keras mengecilkan perut buncitnya.

Simak alasan berikut yang dapat menyulitkan lemak di perut buncit Anda.

1. Bertambahnya usia

Usia begitu mempengaruhi usaha seseorang untuk menyingkirkan perut buncit. Saat Anda beranjak tua perubahan tubuh tentunya amat mempengaruhi. Baik pria maupun wanita saat memasuki lansia akan mengalami penurunan tingkat metabolisme dan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh pun akan berubah.

Wanita yang sudah menopause juga akan lebih sulit menurunkan berat badan mereka.

"Saat wanita menopause, mereka akan mengalami perubahan berat badan juga pada bagian perut mereka," ujar Michael Jensen, MD, professor of medicine di Mayo Clinic's endocrinology division.

Jensen menjelaskan, pada wanita menopause produksi hormon estrogen dan progesteron mereka anak melambat. Sementara, pergeseran ini menyebabkan wanita memiliki perut yang lebih besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Alasan Perut Buncit Sulit di Singkirkan

2. Olahraga yang salah

"Anda perlu melakukan kombinasi bobot latihan dan pelatihan kardiovaskular," jelas Sangeeta Kashyap, MD, seorang endocrinologist di Cleveland Clinic.

Meningkatkan latihan kekuatan otot akan efektif untuk membakar lebih banyak lemak. Jika Anda hanya berlari untuk mengecilkan perut, maka tidak akan membuahkan hasil yang sempurna.

Kate Patton, seorang ahli diet terdaftar di Cleveland Clinic merekomendasikan 250 menit latihan secara intens dalam seminggu.

3. Terlalu banyak konsumsi makanan olahan

Patton mengatakan bahwa makanan olahan seperti gula halus, minuman manis, keripik dan berbagai makanan penutup akan menghambat berkurangnya lemak perut.

"Makanan alami seperti sayur, buah, dan biji-bijian yang penuh dengan antioksidan akan efektif mencegah bertambahnya lemak pada perut," ungkapnya.

4. Stres

Sebagian besar orang akan kehilangan kendali makannya saat berada dalam kondisi stres. Kondisi ini yang menyebabkan mengapa lemak pada tubuh khususnya perut tak kunjung menghilang.

Saat stres orang cenderung akan meraih makanan yang tinggi akan lemak dan protein. Sehingga dapat meningkatkan jumlah lemak pada tubuh.

5. Melewati waktu tidur

Sebanyak 30 persen orang Amerika mendapatkan tidurnya kurang dari 6 jam per malam, yang dapat mempengaruhi ukuran pinggang mereka.

Sebuah studi jangka panjang yang berjalan selama 16 tahun, menemukan 70 ribu wanita tidur kurang dari 5 jam per malamnya dan mendapatkan perut yang buncit. Dibandingkan dengan mereka yang tidur sebanyak 7 jam memiliki berat perut yang lebih kecil.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS