Sukses

Tips Menghilangkan Jerawat Jelang Menstruasi

Jelang menstruasi kulit wanita jadi lebih berminyak dan berjerawat. Haluskan kembali kulit dengan tips menghilangkan jerawat ini.

Liputan6.com, Jakarta Bertumbuhnya jerawat bukan saja akibat kulit rentan alergi, kulit berminyak, tidak menjaga kebersihan, hingga pengaruh penggunaan produk kecantikan. Selain itu menstruasi pun menjadi faktor yang mempengaruhi munculnya jerawat pada wanita.

Menjelang menstruasi kelenjar minyak wanita akan mengalami kenaikan. Juga mempengaruhi pori-pori mudah terbuka yang mengakibatkan jerawat mulai bermunculan.

Melansir laman Shape, ditulis Jumat (27/05/2016) Bethanee J. Schlosser, M.D., Ph.D, seorang asisten profesor dermatologi, kebidanan dan ginekologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine, mengatakan 7 hingga 14 hormon wanita akan mengalami penurunan yang mempengaruhi tumbuhnya jerawat.

"Terdapat pergeseran keseimbangan yang meningkatkan kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) yang meningkat dan mengembangkan jerawat. Kelenjar ini akan menyebabkan pula rambut berminyak hingga kulit kepala," ungkap Schlosser.

Mengutip laman Bustle, untuk mencegah atau memperkecil jerawat menjelang menstruasi pastikan untuk mengonsumsi banyak air. Juga memenuhi asupan gizi dari makanan yang kaya antioksidan (terutama buah-buahan dan sayuran yang berwarna merah atau oranye) dan berolahraga untuk mengeluarkan keringat di tubuh Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.