Sukses

Pompa ASI Bikin Payudara Kendur?

Liputan6.com, Jakarta Payudara kendur banyak sebabnya. Tapi kebanyakan kaum hawa memperkirakan payudara kendur disebabkan menyusui. Tak hanya itu, menggunakan pompa ASI juga membuat payudara melorot. Tapi benarkah?

Para calon ibu baru yang berniat menyusui atau menggunakan pompa ASI yang bertanya-tanya kebenaran payudara kendur akibat menyusui ini ada jawabannya. Konsultan Laktasi IBCLC, Dr Geetika Gangwani, mengatakan menyusui atau penggunaan pompa ASI menyebabkan payudara kendur itu tidak benar.

Menurut Dr Geetika ibu menyusui yang payudaranya kendur karena salah menggunakan bra. Ibu menyusui harusnya mengenakan bra menyusui yang berkualitas. Selain itu, ibu menyusui kurang olahraga serta kurang perawatan pada payudaranya.

"Oleh karena itu dengan memakai bra berkualitas baik atau sport bra dan diet makanan yang tepat, Anda dapat menjaga bentuk pasca menyusui," kata Dr Geetika seperti dilansir The Health Site, Selasa (17/5/2016).

Begitu pula dengan pompa payudara. Selama ibu menyusui menggunakan pompa dengan benar maka tak akan menyebabkan payudara kendur.

"Ini tidak menyebabkan kendur payudara. Sebaliknya, jika Anda telah belajar bagaimana menggunakan pompa payudara dengan benar, itu akan membuat hidup Anda lebih mudah. Apakah Anda seorang ibu yang bekerja atau berada jauh dari bayi Anda, pompa payudara datang untuk menyelamatkan Anda. Dengan cara apapun, itu tidak membuat payudara kendur," katanya.

Sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam Aesthetic Surgery Journal mengungkapkan kehamilan adalah alasan utama payudara kendur dan bukan menyusui. Hal ini karena selama kehamilan payudara wanita membesar ukurannya dan mulai menyusut setelah ibu berhenti menyusui.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.