Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

6 Fakta Diabetes di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Diabetes merupakan salah satu penyakit tidak menular yang jadi perhatian dunia. Pada 2015 saja, persentase orang dewasa dengan diabetes adalah 8,5 persen dari populasi dunia atau ada satu diantara 11 orang dewasa menyandang diabetes. Jika dibiarkan, akan ada 1 dari 10 orang diabetesi pada 2040.

Pengidap diabetes di Indonesia juga tidak sedikit. Pada diabetes tipe 2 gaya hidup tidak sehat menjadi alasan terus bertambahnya orang yang terkena diabetes. Padahal sekitar 80 persen kejadian diabetes bisa dicegah.

Berikut enam fakta mengenai diabetes di Indonesia seperti tertulis dalam Diabetes Fakta dan Angka yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI dikutip Rabu (27/4/2016).

1. Pada 2015, Indonesia menempati peringkat tujuh dunia terkait prevalensi diabetesi tertinggi di dunia bersama dengan Tiongkok, India, Amerika Serikat, Brasil, Rusia dan Meksiko dengan estimasi orang dengan diabetes 10 juta orang.
2. Diabetes dengan komplikasi merupakan penyebab kematian tertinggi ketiga di Indonesia.
3. Persentase kematian akibat diabetes di Indonesia merupakan tertinggi kedua setelah Srilanka.
4. Prevalensi orang dengan diabetes di Indonesia menunjukkan kecenderungan meningkat yakni 5,7 persen (2007) menjadi 6,9 persen (2013).
5. 2/3 orang dengan diabetes di Indonesia tidak mengetahui dirinya memiliki diabetes dan berpotensi untuk mengakses layanan kesehatan dalam kondisi terlambat.
6. Prevalensi berat badan berlebih atau overweight dan obesitas merupakan salah satu faktor riisko terebsar diabetes meningkat terus dibandingkan Riskesdas pada 2007 dan 2010.

Loading