Sukses

Tips Cukur Bulu agar Ketiak Tidak Menghitam

Liputan6.com, Jakarta Bagi wanita, memiliki bulu ketiak bukan hanya mengganggu penampilan namun juga gatal dan tidak nyaman saat bergerak. Sayangnya, proses pencukuran bulu ketiak biasanya dilakukan menggunakan shaver (pencukur biasa) sehingga menyebabkan kulit ketiak menghitam dan membuat wanita tidak percaya diri.

Dokter ZAP, dr Fika Putri Aesthetika B.Med. Sci, MARS membenarkan, ketiak menghitam karena proses pencukuran terjadi karena teknik pencukuran yang salah dan menyebabkan trauma yang berulang.

"Karena proses pencabutan atau teknik cukur yang tidak tepat memicu pergerakan akar rambut hingga terjadi trauma pada kulit. Bila sering dilakukan dan dipaksakan, maka kulit ketiak akan menghitam," ujarnya saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Berikut ini, Fika memberikan tips mencukur bulu ketiak agar kulit tidak menghitam:

1. Lakukan setelah mandi

Menurut Fika, mencukur bulu ketiak baiknya dilakukan setelah mandi-bukan sebelum mandi. Dia menuturkan, setelah mandi, kulit cenderung bersih dan lembap. Sedangkan sebelum mandi, kulit ketiak cenderung kering jadi rentan infeksi.

2. Jangan menekan kulit

"Kadang kita ingin kulit ketiak bersih banget jadi banyak wanita yang menekan dan menggaruk bagian rambut hingga bersih. Sekejap, memang bersih dalam satu kali cukuran, namun hal ini menyisakan trauma kulit. Jangan dipaksain, itu yang bikin hitam dan infeksi kalau teknik dan higienis nggak bener," ujarnya.

Loading