Sukses

Tidur Harus Seperti Gizi dan Olahraga, Teratur dan Seimbang

Liputan6.com, Jakarta Seorang anak dapat mengalami gangguan kesehatan jika orangtua tidak memiliki pemahaman yang baik mengenai masalah tidur.

"Sebagai contoh, jika orangtua tidak mengetahui bahwa mendengkur gejala dari sleep apnea, mereka tidak mungkin mencari penanganan medis yang tepat," kata Direktur Sleep Medicine di Rumah Sakit Anak Boston, Dr Judith Owens, dikutip dari Times of India, Jumat (18/3/2016) 

Orangtua, kata Judith, harus tahu juga bagaimana menghilangkan hambatan tidur pada anak. "Penggunaan gawai sebelum tidur adalah salah satu penyebab terbesar," ujarnya.

Judith menjelaskan, menggunakan gawai sebelum tidur dapat merangsang otak dan dan dapat mengurangi melatonin, hormon yang penting untuk meregulasi tidur. Ada pun hambatan tidur lainnya yang kerap terjadi pada anak adalah terkait penyakit, makan malam yang lewat dari waktunya, dan aktif empat sebelum tidur.

Untuk mendorong kebiasaan tidur yang sehat, orangtua harus mengatur sedemikian rupa waktu tidur yang teratur. Menurutnya, masalah tidur harus diperhatikan dengan benar layaknya kita memerhatikan kesehatan lainnya.

"Tidur juga harus seimbang, seperti yang kita terapkan di gizi dan olahraga," kata dia menekankan.

Loading