Sukses

Yoga Berikan Manfaat Fisik hingga Psikis pada Anak

Tak hanya para dewasa yang dapat merasakan manfaat dari yoga. Anak juga bisa dapatkan manfaatnya, baik secara fisik hingga psikis.

Liputan6.com, Jakarta Para peneliti dari Leipzig University di Jerman menunjukkan anak-anak yang melakukan yoga secara teratur mendapatkan ketenangan yang lebih, memiliki implusif dan agresif yang baik, sehingga lebih bisa mengelola stres.

Laporan yang dipublikasikan dalam Pediatric Physical Therapy pun menunjukkan bahwa yoga bermanfaat terhadap fisiologis anak. Di Amerika yoga menjadi kegiatan yang populer di kalangan anak sekolah.

Seperti dilansir dari Best Heatlh, ditulis Jumat (11/3/2016) studi di Kanada menemukan sebesar 37 persen anak perempuan di kelas 3 SMP dan 40 persen anak kelas 1 SMA menyakini bahwa yoga mampu membantu menurunkan berat badan. Bahkan National Association of Anorexia Nervosa and Associated Disorders mengatakan 95 persen anak berusia 12 hingga 25 tahun yang mengalami gangguan makan berhasil pulih dengan yoga.

Aruna Kathy Humphrys, seorang guru yoga, memiliki metode yoga khusus dengan menggabungkan filosofi yoga melalui cerita indah dari beberapa buku pilihan. Aktivitas ini dilakukan sebagai salah satu meditasi bagi remaja untuk kesadaran kognitif mereka.

Humphrys mendorong anak untuk memberikan pertanyaan terhadap kehidupan mereka. Pertanyaan yang dilontarkan remaja perempuan seputar nilai, penampilan, dan teman mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini