Sukses

5 Makanan Super untuk Kaum Wanita

Liputan6.com, Atlanta - Di tengah kesibukan masa kini, kaum wanita kerap sulit menemukan waktu yang tepat untuk menyantap makanan yang benar sehingga bisa kekurangan zat gizi yang diperlukan .

Faktanya, banyak wanita yang tidak mendapatkan cukup asupan potasium, serat, choline, magnesium, kalsium, zat besi dan vitamin A, D, E dan C.

Dikutip dari webMD pada Kamis (25/2/2106), berikut ini adalah sejumlah cara menyiasati kesibukan agar mendapatkan asupan yang cukup:

1. Telur

Ada masanya ketika telur dianggap sebagai penghambat arteri, namun sekarang Anda mengetahui bahwa telur kaya akan gizi dan dapat menjadi bagian dari diet sehat.

Sebutir telur mengandung lebih dari 10 gizi hakiki, termasuk zat besi, vitamin D, seng, lutein, zeaxanthin dan choline, sekaligus memasok protein bermutu tinggi dan anti-oksidan. Padahal tidak banyak makanan mengandung vitamin D ataupun choline. Lalu, kebanyakan protein hewani kekurangan anti-oksidan.

Vitamin D diduga membantu melindungi dari sejumlah kondisi, misalnya kanker, diabetes, penyakit auto imun, bahkan membantu pengaturan berat badan. Vitamin D juga bekerjasama dengan kalsium untuk membentuk tulang yang kuat dan sehat.

Kaum wanita lebih kerap mengalami osteoporosis dan osteopenia, terutama setelah menopause.

2. Buah prun

Prun bukan lagi sekedar makanan nenek. Buah kaya serat ini dapat melancarkan BAB dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan. Ini penting, karena kaum wanita lebih kerap menderita konstipasi dan penyakit saluran pencernaan.

Prun juga meningkatkan kesehatan tulang. Menyantap 5 atau 6 butir sehari dapat memperlambat pengeroposan tulang dan memperbaiki kepadatan tulang bagi wanita yang sudah menopaus. Demikian menurut penelitian San Diego State University.

Menurut para ahli, hal itu disebabkan oleh kandungan vitamin K, boron, magnesium, potasium, dan polyphenol dalam buah.

3. Yogurt Yunani

Yogurt Yunani (Greek yogurt) memiliki kandungan kalsium yang sama dengan yogurt biasa, tapi dengan kandungan protein yang dua kali lebih banyak dan gula yang jauh lebih sedikit.

Penelitian menunjukkan bahwa menyantap lebih banyak protein (sekitar 30 persen asupan kalori harian) membantu wanita menurunkan berat dan menjaga otot. Kalsium dalam yogurt juga meningkatkan kesehatan tulang.

4. Salmon

Ikan salmon adalah salah satu ikan yang paling menyehatkan. Salmon mengandung lemak omega-3 yang terbukti membantu melawan inflamasi dan dapat juga melindungi tulang. Lebih baik menyantap ikan daripada daging merah, terlebih lagi daging olahan.

Wanita hamil yang menyantap salmon juga membantu bayinya. Dalam suatu penelitian disebutkan bahwa kaum wanita yang sedikit menyantap ikan akan menambah risiko kelahiran dini dan bayi kurang berat.

5. Pistachio

Kacang ini merupakan salah satu cemilan yang tersehat. Satu ons kacang ini—sekitar 49 butir—memberikan aneka vitamin, mineral dan gizi yang bermanfaat.

Faktanya, suatu penelitian menengarai bahwa memakan 1,5 ons per hari hampir segala jenis kacang (semisal pistachio) sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol dapat mengurangi risiko penyakit jantung yang menjadi pembunuh nomor wahid bagi wanita (di AS).

Pistachio juga merupakan senjata ampuh melawan kenaikan berat badan, karena kacang itu merupakan salah satu kacang dengan lemak dan kalori terendah, hanya 160 kalori per ons namun tinggi kandungan protein dan serat.

Dan karena dimakan dengan cara membuka kulit kacang sehingga memperlambat makannya, kaum wanita akhirnya makan tidak terlalu banyak. Dalam suatu penelitian, orang yang makan pistachio berkulit mendapatkan kalori hingga 41 persen lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang mencemilnya tanpa kulit.