Sukses

Penyebab Pertengkaran Nomor 1 pada Hubungan Pernikahan

Liputan6.com, New York- Dalam hubungan pernikahan, pertengkaran merupakan hal yang umum terjadi. Studi di Amerika Serikat mengungkap penyebab pertengkaran nomor satu dalam pernikahan adalah masalah keuangan, baru kemudian disusul oleh masalah pekerjaan, anak-anak, dan teman.

Setengah dari partisipan yang terlibat dalam penelitian mengatakan hal yang paling sering membuat mereka bertengkar adalah mengenai pengeluaran tak terduga. Lalu, 32 persen mengatakan mengenai tabungan mereka yang tak lagi cukup.

Dan bahayanya jika pertengkaran karena keuangan terus terjadi bisa memicu perceraian. Sebuah penelitian dari National Marriage Project menemukan fakta pasangan yang bertengkar tentang keuangan seminggu sekali, sekitar 30 persen lebih mungkin untuk mengalami perceraian dibandingkan yang jarang bertengkar.

Namun jangan salah, tidak mengkomunikasikan masalah keuangan juga bisa menjadi masalah tersendiri. Tidak sedikit pasangan yang enggan membicarakan masalah keuangan dan malah berbohong tentang kondisi finansialnya seperti dikutip laman Women's Health, Rabu (17/2/2016).

Pasangan yang sudah menikah, sebaiknya transparan mengenai kondisi keuangan masing-masing. Bicarakan mengenai kondisi keuangan paling tidak setahun sekali.