Sukses

10 Alasan Kenapa Wanita Harus Mencoba Olahraga Tinju

Liputan6.com, Jakarta Semua wanita ingin terlihat dan merasa bugar. Tapi, bukankah akan lebih menarik jika Anda juga bisa terlihat seperti jagoan saat melakukannya?

Hal inilah yang kemudian membuat beberapa wanita, termasuk para selebritis seperti Khole Kardashian dan Adriana Lima, jadi terobsesi dengan olahraganya Mike Tyson ini.

Jika Anda butuh alasan untuk mencobanya, dilansir dari So Feminine, Minggu (7/2/20160, berikut 10 alasan kenapa olahraga tinju sebenarnya adalah olahraga yang tepat untuk para wanita:

1. Bertinju menjaga jantung Anda tetap sehat

Para wanita berolahraga untuk terlihat fit secara fisik. Namun, jangan sampai Anda melupakan tujuan utama berolahraga, yaitu agar memiliki tubuh yang sehat lebih lama.

Untuk memastikan tubuh Anda sehat, Anda memerlukan jantung yang kuat selama mungkin. John Kalu, seorang pelatih kebugaran dari LA Fitness di Los Angeles mengatakan, inilah manfaat utama yang diberikan oleh olahraga tinju.

"Bertinju yang baik akan membuat Anda bernapas secara berat dan meningkatkan detak jantung, dimana jantung kemudian memompa darah ke seluruh penjuru tubuh. Detak jantung yang meningkat akan memperkuat otot-otot jantung Anda dan menurunkan kemungkinan Anda mengalami penyakit kardiovaskular sekaligus strok," jelasnya.

2. Bertinju membuat Anda sangat-sangat fit

Jika Anda ingin benar-benar memaksimalkan kesehatan tubuh, maka Anda perlu untuk melakukan berbagai jenis latihan. Hal ini dilakukan sambil menjaga detak jantung Anda berada di tingkat yang tepat.

Jika kebugaran secara keseluruhan adalah tujuan Anda. maka Anda harus berlatih aerobic dan anaerobic, yang ada pada olahraga tinju.

Kalu mengatakan, "Tinju terdiri dari 70-80 persen anaerobic dan 20-30 persen aerobic. Berlatih tinju akan membantu Anda menjaga detak jantung sebanyak 75-85 persen dari detak jantung normal. Ini adalah angka yang direkomendasikan saat Anda berolahraga."

Itu artinya, tinju memiliki manfaat olahraga aerobic, seperti membakar lemak dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Namun, olahraga ini juga memiliki manfaat olahraga anaerobic, yaitu meningkatkan ketahanan, massa tubuh, metabolisme, dan menambah kekuatan Anda untuk menahan lelah.

3. Bertinju membakar banyak kalori

Tinju adalah olahraga berintensitas tinggi, jadi tak heran kalau olahraga ini akan membakar banyak kalori.

"Berlatih tinju selama satu jam akan membakar kalori Anda sebanyak 300-500 kalori, tergantung pada berat badan dan intensitas latihan Anda. Seorang petinju wanita yang sudah ahli dan berlatih dengan intensitas tinggi dapat membakar lebih dari 500 kalori per jamnya," jelas Kalu.

4. Bertinju membakar lemak dengan cepat

Tinju tidak hanya membakar banyak kalori. Artis bela diri dan manajer pusat kebugaran dari QDos Fitness, Emma Saville mengatakan "Anda juga akan kehilangan lemak visceral, yaitu lemak di sekitar perut."

Bagusnya lagi, saat berlatih tinju Anda bisa mengkombinasikannya dengan olahraga pertahanan yang lain, seperti press ups, lunges, dan jumping squats yang dilakukan bersamaan dengan skipping. Kalu mengatakan hal ini akan sangat efektif membakar lemak berlebih pada tubuh.

5. Tinju akan membuat Anda kuat

Hal yang hampir lebih penting dari membakar lemak adalah latihan kekuatan. Untuk membangun kecepatan, ketahanan, dan menjaga tubuh Anda dalam kondisi kesehatan prima, tubuh Anda butuh untuk menjadi kuat.

Tinju adalah olahraga yang tepat untuk mendapatkan semua hal tadi.

Kalu menjelaskan, "Susunan latihan tinju melibatkan berbagai jenis gerakan dan ritual berulang yang melibatkan seluruh tubuh Anda. Gerakan-gerakan berulang tadi akan memberikan kekuatan dan tenaga pada seluruh bagian tubuh, terutama tangan, kaki, dan area perut."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Pelepas stres dan pendongkrak percaya diri

6. Tinju adalah pelepas stres yang baik

Anda mungkin berpikir bahwa terus-menurus meninju samsak akan menjadikan Anda lebih agresif. Namun, Kalu mengatakan bahwa tinju sebenarnya bersifat terapetic alias menenangkan.

"Penelitian menunjukkan bahwa bertinju membantu melepaskan stres pada fisik dan mental dan tekanan pada setiap tonjokannya.Bertinju bisa menurunkan hormon stres seperti kortisol, sekaligus meningkatkan endorfin yang adalah zat pembuat senang. Bertinju juga akan mendongkrak mood Anda secara alami, yang pada akhirnya menghilangkan stres," jelas Kalu.

7. Tinju adalah cara yang keren untuk membentuk tubuh

John Kalu mengatakan, "Tinju adalah latihan pengulangan berintesitas tinggi, yang hasilnya adalah pengencangan pada otot dan bukan membesarkannya."

8. Tinju adalah latihan yang melibat seluruh tubuh

Emma Saville mengatakan, "Satu sesi latihan tinju melibatkan setiap otot di tubuh, tapi terutama otot perut dan bahu. Bagian-bagian tubuh ini akan terasa kaku setelah sesi pertama Anda!"

Latihan tinju yang baik akan membentuk kaki, tangan, bahu, punggung, dan membantu Anda menciptakan bagian perut yang kuat.

9. Tinju akan meningkatkan kepercayaan diri Anda

Saville mengatakan, "Ada pelepasan endorfin yang cukup besar dalam tubuh Anda saat meninju sebuah samsak, atau berlatih menggunakan pad bersama lawan. Zat tadi akan memberi Anda perasaan senang yang kuat. Latihan tinju juga akan memberi Anda rasa percaya tinggi yang besar."

10. Anda bisa melakukannya di mana saja

Hal terbaik dari olahraga tinju adalah Anda tidak perlu mendatangi tempat kebugaran untuk melakukannya. Memiliki sarung tinju Anda sendiri sebenarnya adalah investasi yang baik.

Akan sangat membantu jika Anda memiliki semua peralatan yang dibutukan, namun Seville mengatakan, "tali skipping dan stopwatch adalah dua hal paling mudah yang bisa Anda miliki di rumah, dengan biaya sangat kecil." Dan, jika Anda memiliki sparring partner, Anda sudah siap untuk berlatih.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS