Sukses

8 Manfaat Sehat dari Kulit Pisang dan Jeruk

Liputan6.com, Jakarta Kalau buah-buahan, mungkin semua tahu manfaat kesehatannya. Lantas, bagaimana dengan kulitnya? Jangan buang dulu kulit pisang dan jeruk di rumah Anda karena ada manfaatnya.

Seperti diberitakan Boldsky, Rabu (18/11/2015), kulit pisang dan jeruk memiliki nutrisi yang tidak banyak diketahui. Padahal di negara Timur, kulit pisang dijadikan pertolongan pertama saat sakit kepala. Sementara kulit jeruk telah digunakan untuk mengatasi stres dan insomnia.

Simak ulasannya, berikut ini:

1. Mengatasi mual

Minum campuran bubuk dari kulit jeruk kering dan melarutkannya dalam segelas air dapat meredakan gangguan pencernaan, mual, sakit perut dan seringnya buang gas. Minuman ini juga meningkatkan nafsu makan.

2. Mengencerkan dahak

Meredakan batuk tak mesti langsung minum obat. Minum bubuk kulit jeruk juga dapat mengencerkan dahak dan mencegah infeksi saluran pernapasan.

3. Mengurangi Kolesterol

Penelitian menunjukkan, kulit jeruk dapat melarutkan trigliserida dan kolesterol sehingga membantu fungsi hati bekerja normal.

4. Mencegah kanker usus besar

Kulit jeruk mengandung flavonoid yang dikenal sebagai hesperidina, yang dipercaya efektif melawan kanker usus besar dan osteoporosis.

5. Meredakan Stres

Minyak esensial dalam kulit jeruk memiliki efek menenangkan pada saraf. Mandi dengan air kulit jeruk akan membuat tidur lebih nyaman dan menenangkan. Aromanya juga akan meningkatkan mood dan mencegah insomnia.

6. Gigi putih

Gosok bagian dalam kulit pisang pada gigi Anda hanya dua menit setiap hari untuk mendapatkan gigi putih dan berkilau. Kulit pisang juga dapat digunakan untuk meredakan gatal setelah digigit serangga.

7. Menghilangkan kutil

Letakkan kulit pisang di area kutil setiap malam selama sekitar satu minggu. Anda juga dapat menggosok lembut kulit pisang pada kutil setiap hari sampai kutil menghilang. 

8. Sakit kepala

Untuk menyembuhkan sakit kepala, tempelkan kulit pisang di dahi Anda dan biarkan selama beberapa waktu. (*)